Pemkab Bekasi Tak Kabulkan Kompensasi Uang, Warga Terdampak TPA Burangkeng Contohkan Pemprov DKI

Warga Desa Burangkeng hingga kini tetap menutup operasional Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi.

Pemkab Bekasi Tak Kabulkan Kompensasi Uang, Warga Terdampak TPA Burangkeng Contohkan Pemprov DKI
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Kondisi TPA Burangkeng di Desa Burangkeng Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, pasaca-penutupan yang dilakukan warga imbas menuntut kompensasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, SETU - Warga Desa Burangkeng hingga kini tetap menutup operasional Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi.

Dalam rapat pembahasan masalah TPA Burangkeng yang digelar Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama warga terdampak TPA, kemarin, Rabu, (13/3/2019), belum dapat menghasilkan kesepakatan.

Pemkab Bekasi enggan mengabulkan tuntutan warga yang meminta kompensasi dampak TPA berupa uang tunai.

Pemerintah bersedia memberikan kompensasi dalam bentuk infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

Menanggapi hal itu, ketua Tim 17 yang merupakan tim penerima dan penyampaian aspirasi warga Desa Burangkeng, mengatakan pihaknya belum dapat memutuskan apakah dapat menerima tawaran kompensasi dari Pemkab Bekasi dalam bentuk infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

"Kalau kita kan kembalikan ke warga, otomatis kita enggak bisa memutuskan saat itu (pada saat rapat), sementara, aspirasi warga yang dituntut kan masalah kompensasi (uang)," kata Ali di Kantor Desa Burangkeng, Kamis, (14/3/2019).

Warga Desa Burangkeng berkaca pada Pemerintah DKI Jakarta yang mampu memberikan uang kompensasi kepada warga Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi.

Kompensasi uang tunai itu diberikan kepada warga yang terkena dampak bau dari Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang di empat Kelurahan yakni, Cikiwul, Kelurahan Bantar Gebang, Kelurahan Ciketing Udik dan Sumur Batu.

"Nah di sini juga kan (TPA) adanya di Desa Burangkeng, kenapa enggak bisa Pemkab Bekasi memberikan kompensasi kepada Kecamatan Setu, Desa Burangkeng," tegas dia.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved