Dilengkapi Fasilitas Kesehatan, KRI Semarang-594 Disiapkan untuk Antisipasi Bencana

Ke depan, KRI Semarang-594 akan difokuskan untuk misi pengiriman bantuan ataupun pengiriman personel ke daerah-daerah bencana.

Dilengkapi Fasilitas Kesehatan, KRI Semarang-594 Disiapkan untuk Antisipasi Bencana
TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
KRI Semarang-594 saat bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (15/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Kapal perang rumah sakit terbaru milik TNI AL, KRI Semarang-594 yang mempunyai sejumlah fasilitas kesehatan di dalamnya sudah diuji coba baru-baru ini.

Uji coba kapal baru tersebut dilakukan dalam sebuah pelayaran selama tiga hari dari Surabaya ke Jakarta, Rabu (13/3/2019) hingga Jumat (15/3/2019).

Panglima Komando Armada (Koarmada) I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengatakan kapal ini dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang 80 persen serupa dengan rumah sakit di darat.

"Karena ini kapal rumah sakit tentunya fasilitas medis dan ini juga bisa mengangkut pasukan. Jadi sewaktu-waktu mungkin mengangkut pasukan mungkin ke daerah mana untuk perbantuan mungkin bisa," kata Yudo di dermaga 203 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (15/3/2019).

Kapal perang rumah sakit ini nantinya diharapkan dapat memperkuat Unsur Satfib Koarmada I.

Ke depan, KRI Semarang-594 akan difokuskan untuk misi pengiriman bantuan ataupun pengiriman personel ke daerah-daerah bencana.

"Tentunya dalam mengantisipasi bencana di wilayah Koarmada 1, tentunya kita sudah memiliki kapal sendiri sehingga sewaktu-waktu siap digerakkan untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana," kata Yudo.

Koarmada I juga menggelar Latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) dengan titik pelaksanaan Pangkalan Surabaya, Perairan Laut Jawa, dan Pangkalan Jakarta.

Latihan dilakukan seiring dengan uji coba KRI Semarang-594 dalam pelayaran selama tiga hari belakangan dengan 10 unsur Koarmada lainnya.

Halaman
12
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved