Pemilu 2019

Jumlah Surat Suara Rusak di Kabupaten Tangerang Bertambah Jadi 3.842

Jumlah tersebut menunjukan adanya pembengkakan jumlah surat suara yang rusak pada sebelumnya berjumlah 1.632 surat suara yang rusak.

Jumlah Surat Suara Rusak di Kabupaten Tangerang Bertambah Jadi 3.842
TribunJakarta.com/EgaAlfreda
Suasana pelipatan surat suara Pemilu 2019 yang dikerjakan sekira 200 orang di GOR Larangan, Kota Tangerang, Kamis (14/3/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TIGARAKSA - Ribuan surat suara yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang ditemukan dalam kondisi rusak.

Hal itu diketahui setelah dilakukan proses sortir dan pelipatan pada Sabtu pekan lalu.

Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Divisi Program dan Data, Ita Nurhayati mengatakan, dari 10.805.000 surat suara yang diterima, sebanyak 3.842 surat suara dalam keadaan tidak laik fungsi atau rusak.

Jumlah tersebut menunjukan adanya pembengkakan jumlah surat suara yang rusak pada sebelumnya berjumlah 1.632 surat suara yang rusak.

"Itu hasil dari 4.132.000 surat suara yang sudah dilakukan penyortiran, angka bisa terus bertambah," kata Ita saat dikonfirmasi, Jumat (15/3/2019).

Hari ke-4 Pelipatan, KPU Kota Depok Temukan 565 Surat Suara Rusak

Nantinya, lanjut Ita, surat suara yang rusak itu akan dilaporkan ke KPU RI usai dipisahkan dan selesai pelaksanaan penyortiran.

Sedangkan, ketua KPU Kabupaten Tangerang, Muhammad Ali Zaenal Abidin mengatakan, bentuk kerusakan pada surat suara antara lain kondisi warna pudar dan sobek.

Menurut dia, hal itu terjadi saat proses awal percetakan sebelum pendistribusian.

5.000 Lebih Surat Suara Pilpres di Kabupaten Bekasi Rusak: Sobek dan Terkena Noda

Nantinya ribuan surat suara yang rusak tersebut akan dihancurkan untuk meminimalisir kecurangan saat Pemilu 2019 pada 17 April mendatang.

"Tiga unsur ini harus hadir untuk menyaksikannya. Mekanismenya nanti akan dibakar atau nanti digiling dengan alat, agar tidak disalahgunakan," tutur Ali.

Dengan adanya surat suara yang rusak itu, Ali menambahkan, KPU Kabupaten Tangerang membutuhkan surat suara tambahan secepatnya.

Kertas suara yang dibutukan itu untuk DPRD Provinsi Dapil Tangerang B sebanyak 150 ribu surat suara.

"DPD RI juga masih kurang, yang sudah lengkap baru kertas suara untuk presiden dan wakil presiden, serta DPR RI," kata Ali.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved