Melihat Kondisi Museum Tekstil yang Terletak di Jakarta Barat

Gedung bersejarah ini adalah Museum Tekstil yang berada di kawasan Tanah Abang, tepatnya terletak di Jalan Jati Petamburan No. 4, Jakarta Pusat.

Melihat Kondisi Museum Tekstil yang Terletak di Jakarta Barat
WARTA KOTA/YOSIA MARGARETTA
Museum Tekstil 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Lantaran terhalang para pedagang sepatu dan pakaian, gedung bersejarah ini tak banyak diketahui masyarakat.

Gedung bersejarah ini adalah Museum Tekstil yang berada di kawasan Tanah Abang, tepatnya terletak di Jalan Jati Petamburan No. 4, Jakarta Barat.

Anisa (26), selaku petugas informasi museum Tekstil mengatakan, biasanya para pengunjung berlatar belakang mahasiswa dan siswa sekolah.

"Kan sekarang anak sekolah di Jakarta diwajibkan mengunjungi museum, jadi suka ramai siswa sekolah kalau hari Selasa sampai Jumat," kata Anisa di Museum Tekstil, Jakarta Barat, Jumat (15/3/2019).

Dia menambahkan, kalau masyarakat umum jarang yang datang ke museum tersebut.

"Kalau warga umum, jarang ya, tapi kalau turis asing kayak bule-bule gitu sering, di hari Sabtu dan Minggu," jelas Anis sambil menggerakan kedua tangannya.

Semua informasi tentang museum Tekstil, lanjut Anisa, bisa didapatkan dengan cara berkunjung ke tempat tersebut.

"Semua informasi tentang museum Tekstil ini sangat lengkap, kita punya brosur dan penjelasan tentang museum ini, atau bisa ditanya langsung sama pengurusnya biar makin jelas," kata Anisa sambil tersenyum.

Menurut sejarah yang tercantum di museum Tekstil ini, pada awal abad ke-19, gedung ini dulunya dimiliki oleh warga Prancis yang tinggal di Batavia.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved