Bangun Rumah Dari Botol Plastik, Ini Harapan Personel UPK Badan Air

Personel UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta punya cara apik mengelola sampah plastik.

Bangun Rumah Dari Botol Plastik, Ini Harapan Personel UPK Badan Air
TribunJakarta/Bima Putra
Rumah botol plastik UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang dibangun dari 1.000 botol plastik, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (15/3/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Personel UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta punya cara apik mengelola sampah plastik.

Personel UPK Badan Air Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur memanfaatkan sekitar 1.000 sampah botol plastik untuk membangun rumah botol plastik.

Kepala Regu UPK Badan Air Pos Gerojokan, Rudi Supriyadi, berharap upaya mereka berhasil mengajak masyarakat untuk mengurangi dan mengolah sampah plastik jadi barang berguna.

"Harapannya bisa mengajak masyarakat untuk mengurangi dan mengolah sampah plastik. Kalau respon masyarakat terhadap rumah botol plastik sejauh ini positif. Sudah lumayan banyak yang datang ke sini," kata Rudi di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (15/3/2019).

Tak sekedar mengagumi, mereka yang menyambangi rumah botol plastik di Jalan Raya Bogor Kelurahan Pekayon menyempatkan berswafoto di sana.

Sayang hasil karya yang mulai digarap sejak Desember 2018 dan beres Februari 2019 itu cukup terhalang dari pandangan warga karena papan proyek galian kabel.

"Ada yang datang terus selfie di sini. Warga sekitar Kelurahan Pekayon sudah banyak yang datang, khususnya anak-anak. Ojek online yang numpang istirahat di sini juga banyak," ujarnya.

Rudi menjelaskan menerima kedatangan siapa pun yang datang ke kantor kecil tempat mereka melepas lelah sekaligus melakukan apel pagi dan pulang.

Terlebih bila ada sekolah yang mengajak muridnya datang guna memperlihatkan cara pemanfaatan sampah plastik agar tak merusak lingkungan.

"Wah kalau ada sekolah yang ngajak muridnya datang ke sini kita senang banget. Mungkin bisa jadi sarana pembelajaran buat anak-anak. Biar mereka lihat, orang yang angkut sampaikan saja bisa bikin seperti ini," tuturnya.

Selain rumah botol plastik, di kantor kecil UPK Badan Air terdapat kolam ikan kecil, taman, dan miniatur sepeda motor yang dapat dinikmati masyarakat secara gratis.

Dinaungi pepohonan rindang, sejumlah bangku kayu panjang yang mampu menampung belasan orang dewasa juga tersedia sehingga membuat kerasan menghabiskan waktu.

Penulis: Bima Putra
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved