Murid SDN Pekayon 01 Pagi Puji Rumah Botol Plastik Karya Personel UPK Badan Air

Ahmad Ikhsan (12), murid SDN Pekayon 01 Pagi menyebut rumah botol plastik cara apik memanfaatkan sampah plastik sekaligus merawat lingkungan

Murid SDN Pekayon 01 Pagi Puji Rumah Botol Plastik Karya Personel UPK Badan Air
TribunJakarta/Bima Putra
Rumah botol plastik UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang dibangun dari 1.000 botol plastik, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (15/3/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Rumah botol plastik garapan personel UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta yang terletak di Pos Gerojokan Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo menuai banyak pujian dari masyarakat.

Selain kreatifitas mengolah 1.000 sampah botol plastik, dan berbagai sampah lainnya, hasil garapan selama tiga bulan itu jadi bahan pembelajaran cara memanfaatkan sampah.

Ahmad Ikhsan (12), murid SDN Pekayon 01 Pagi menyebut rumah botol plastik cara apik memanfaatkan sampah plastik sekaligus merawat lingkungan mengingat butuh waktu lama hingga sampah plastik terurai.

"Bagus, di sekolah kan juga diajarin enggak buang sampah sembarangan dan cara mengolah sampah. Di sekolah dijarin kalau sampah plastik paling bahaya karena bisa merusak lingkungan," puji Ahmad di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (15/3/2019).

Murid SDN Pekayon 01 Pagi lainnya, Pandu Nurlatief (12) menyebut hasil garapan personel UPK Badan Air sebagai penerapan ilmu yang dia pelajari di sekolah selama ini.

Saat menyambangi kantor kecil UPK Badan Air bersama temannya, Misbah Anam (12), dan Akmal (12), mereka menganggap iri dan ingin memberitahukan tentang hasil karya yang lebih baik.

"Kalau melihat yang seperti ini kita juga mau buat, kebetulan sekolah memang dekat sini dan di sekolah juga diajarin biar enggak buat sampah dan bisa mengolah sampah. Di dekat rumah juga ada bank sampah," ujar Pandu.

Kepala Regu UPK Badan Air Pos Gerojokan, Rudi Supriyadi mengatakan siapa pun dipersilakan datang ke kantor kecil mereka, baik yang ingin menumpang istirahat, berswafoto, terlebih bila ingin belajar cara mengolah sampah.

Pasalnya ide awal membuat rumah plastik bertujuan mengurangi sampah, khususnya sampah plastik mengingat Indonesia merupakan negara penghasil sampah plastik terbanyak kedua di dunia.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved