Sejumlah Penggiat Komunitas Menggelar Aksi 'Nebar Ikan Bareng' di Kalimalang Bekasi

Ratusan kantong plastik berisi puluhan ikan ditebar secara bersama-sama pukul 14.02 WIB. Acara ini sekaligus perayaan hari jadi Kota Bekasi.

Sejumlah Penggiat Komunitas Menggelar Aksi 'Nebar Ikan Bareng' di Kalimalang Bekasi
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kegiatan Nebar Ikan Bareng di Kalimalang, Bekasi, Minggu (17/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Sejumlah penggiat komunitas menggelar aksi bertajuk 'Nebar Ikan Bareng' di aliran sungai Kalimalang, tepatnya di Jalan Unisma, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Minggu, (17/3/2019).

Ratusan kantong plastik berisi puluhan ikan ditebar secara bersama-sama pukul 14.02 WIB. Acara ini selain dalam rangka kepedulian lingkungan ekosistem kali, juga sebagai bentuk perayaan hari jadi Kota Bekasi ke 22 tahun.

Mabrur, kordinator pelaksana mengatakan, kegiatan nebar ikan bareng ini diaselenggaran berkat inisiasi sejumlah komunitas baik, komunitas pecinta lingkungan, komunitas motor, dan seniman.

"Kalau berapa banyak saya kurang ngerti, tapi secara berat tadi kita dapet donasi dari temen-temen Bikers Brotherhood itu ada 2 kwintal ikan, kalau itungan kantong ada 100 kantong," kata Mabrur.

Ide awal kegiatan Nebar Ikan Bareng di Kalimalang ini muncul dari masalah pencemaran lingkungan yang kerap terjadi di Bekasi terutama di Kali Bekasi. Dipilihnya Kalimalang juga menyusul adanya rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang katanya ingin merevitalisasi kali tersebut.

UPDATE Banjir Bandang di Sentani Jayapura: 63 Orang Tewas, 43 Luka-luka

Meninggal di Pelukan Ayahnya, Mucad Ibrahim Bocah 3 Tahun Korban Termuda Penembakan di Selandia Baru

"Katanya kali ini akan dibuat seperti kali yang ada di Korea, jadi kita menyikapi kali yang katanya mau dibuat cantik ada atau tidak ekosistemnya," jelas dia.

Acara yang juga dihadiri Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto ini berlangsung cukup ramai, dia mengatakan, acara Nebar Ikan Bareng ini merupakan acara yang positif.

"Ini patut kita support, dan mengedukasi masyarakat untuk kemudian merubah mindset, prilaku warga masyarakat yang kemudian dapat peduli kepada lingkungannya," kata Tri.

Wakil Wali Kota Bekasi menebar ikan ke aliran sungai Kalimalang, Bekasi, Minggu (17/3/2019).
Wakil Wali Kota Bekasi menebar ikan ke aliran sungai Kalimalang, Bekasi, Minggu (17/3/2019). (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Tri manambahkan, Kalimalang sebagai suangi yang menjadi mata air utama merupakan simbol kehidupan bagi warga yang dilintasi aliran air sungai tersebut.

"Jadi karena air bagian dari kehidupan, harus kita jaga, apalagi kalimalang representasinya adalah untuk air minun dan sebagai pemenuh kebutuhan air minum masyakarat," tandasnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved