Infaq Digital Akan Diterapkan di Kantor Pemerintahan Jakarta Utara

Untuk tahap awal, dijelaskannya program infaq digital ini akan diterapkan di Masjid Babussalam, Kantor Walikota Jakarta Utara, pada April 2019.

Infaq Digital Akan Diterapkan di Kantor Pemerintahan Jakarta Utara
ISTIMEWA/Dokumentasi Sudin Kominfotik Jakarta Utara
Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman saat memaparkan infaq digital yang akan diterapkan pada kantor pemerintahan di Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis 

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Pemerintah Kota Jakarta Utara akan menerapkan infaq digital pada sejumlah masjid dan musala di lingkungan kantor pemerintahan.

Hal ini sebagai wujud pemanfaatan positif kemajuan teknologi bagi masyarakat.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman mengatakan, sosialisasi infaq tengah digencarkan pada seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) dengan menggandeng Bank DKI Syariah.

Program ini diinisiasi atas dasar kemudahan dalam berinfaq.

"Sekarang kita berada di era digital, dimana penggunaan uang tunai itu sudah mulai dikurangi. Dengan adanya program ini tentu akan mempermudah Jemaah beramal ke masjid dan musala,” kata Wawa di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).

Untuk tahap awal, dijelaskannya program infaq digital ini akan diterapkan di Masjid Babussalam, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, pada April 2019 mendatang.

Gadeng Pemkot dan BNNK Jakarta Utara Bentuk Tim Sepuluh untuk Cegah Peredaran Narkotika

Nantinya, program ini pun akan diterapkan pada seluruh masjid dan musala yang berada di lingkungan kantor pemerintahan lainnya seperti kecamatan dan kelurahan maupun yang berada di lahan aset Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta.

“Nanti setelah setelah itu baru kita bisa terapkan juga di masjid di lingkungan masyarakat,” kata dia.

Sementara Pemimpin Cabang Pembantu Bank DKI Syariah Kelapa Gading, Andry Pramuria menerangkan, program infaq digital ini diterapkan dalam aplikasi berbasi android IOS, JakOne Mobile.

Stiker QR Code atau Barcode ditempel pada setiap sudut hingga kotak amal masjid dan musala yang ditunjuk.

Infaq yang diberikan jamaah pun akan langsung masuk ke rekening kepengurusan masjid dan musala tersebut.

Nominal infaq dapat ditentukan sendiri oleh Jemaah.

“Teknisnya nanti cukup dengan memakai handphone melalui aplikasi JakkOne Mobile. Cukup scan QR Code (Barcode) yang nanti kita sediakan di masjid dan musala itu. Pengurus lebih mudah untuk memantau infaq yang masuk setiap saat (real time). Aplikasi ini juga menyediakan fasilitas untuk pembayaran secara autodebet untuk keperluan dari masjid dan musala, seperti pembayaran listrik, air dan sebagainya,” katanya.

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved