Kecelakaan Etiopian Airlines Sama dengan Lion Air, KNKT Ajukan Penawaran Kerjasama Investigasi

Untuk itu, Soerjanto Tjahjono menerangkan, saat ini pihaknya masih enggan berkomentar soal kesamaan dua kecelakaan pesawat nahas tersebut.

Kecelakaan Etiopian Airlines Sama dengan Lion Air, KNKT Ajukan Penawaran Kerjasama Investigasi
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Konferensi pers yang digelar oleh KNKT guna menanggapi pemberitaan di media asing soal dugaan bocornya rekaman CVR pesawat nahas Lion Air PK-LQP, Kamis (21/3/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Menanggapi dugaan adanya kesamaan antara kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines ET302 dengan Lion Air PK-LQP, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) ikut angkat bicara.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya telah mengajukan penawaran kerjasama investigasi terhadap otoritas Ethiopia.

Ia menyebut, kerjasama ini bertujuan untuk saling melengkapi data demi meningkatkan keselamatan penerbangan.

"Tujuan kerjasama ini untuk keperluan bersama dan saling melengkapi data kecelakaan yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan keselamatan penerbangan," kata Soerjanto Tjahjono kepada awak media, Kamis (21/3/2019).

Untuk itu, Soerjanto Tjahjono menerangkan, saat ini pihaknya masih enggan berkomentar soal kesamaan dua kecelakaan pesawat nahas tersebut.

"Sesuai dengan data yang dimiliki KNKT saat ini, maka kami tidak dapat memberikan komentar tentang ada tidaknya kemiripan antaran kecelakaan pesawat ET302 dengan JT610," ujarnya.

Steve Emmanuel: Tampilan Baru, Didakwa Pasal Berlapis dan Beli Kokain Harga Ratusan Juta

Beberkan Sikap Gisella Anastasia, Wijaya Saputra Singgung Aura Positif: Wow Gitu

3 Keahlian Will Si Eggboy yang Timpuk Kepala Senator Australia Hingga MUI Kaji Haramkan PUBG

Namun, bila kerjasama dapat terjalin dan pihak KNKT memperoleh data hasil investigasi pesawat ET302, maka KNKT akan menggunakannya untuk melengkapi data kecelakaan Lion Air PK-LQP nonor penerbangan JT610.

"Jika ada perkembangan dan KNKT memperoleh data kecelakaan ET302, maka kami akan mengkaji dan menganalisis secara mendalam untuk melengkapi data kecelakaan Lion Air JT610," kata Soerjanto.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved