SNMPTN 2019

92.331 Peserta Lulus SNMPTN, Ini Rinciannya dari Menristekdikti

Dari jumlah calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, 26.217 di antaranya merupakan mahasiswa dari peserta beasiswa Bidikmisi.

92.331 Peserta Lulus SNMPTN, Ini Rinciannya dari Menristekdikti
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Mohamad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sebanyak 92.331 mahasiswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2019.

Dari jumlah calon mahasiswa yang dinyatakan lulus menjadi mahasiswa melalui SNMPTN 2019, 26.217 di antaranya merupakan mahasiswa dari peserta beasiswa Bidikmisi.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi, dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan, sampai lulus tepat waktu

“Dari 478.608 pendaftar SNMPTN di tahun 2019 yang diterima 92.331 siswa pada 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia , dengan persentase 19,29 persen,” kata Mohamad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), dalam konferensi pers Pengumuman Hasil SNMPTN di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta Selatan (22/3/2019).

Pada SNMPTN 2019 ini, lanjut Nasir, pemerintah memberikan bantuan afirmasi pendidikan kepada anak-anak TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri.

Menurut Nasir, setidaknya ada 31 dari 80 siswa yang merupakan anak-anak TKI dari berbagai negara yang diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia melalui jalur SNMPTN.

"Afirmasi Pendidikan ini, lanjutnya bertujuan memberikan akses pendidikan tinggi yang merata bagi seluruh warga negara indonesia, baik di luar atau di dalam negeri. Serta bertujuan untuk meningkatkan pendidikan dan keterampilan anak-anak TKI agar dapat menjadi tenaga kerja yang terampil sehingga dapat bersaing di era Revolusi Industri 4.0," jelas Nasir.

Nasir pun mengingatkan agar siswa yang lulus SNMPTN untuk segera mendaftar ulang di perguruan tinggi tempat diterima. Sedangkan siswa yang telah diterima tidak diperkenankan untuk ikut SBMPTN 2019.

Sementara itu, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ravik Karsidi mengungkapkan pengumuman hasil SNMPTN 2019 dapat diakses pada pukul 13.00 WIB melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id/ dengan cara memasukan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta SNMPTN.

Pengumuman hasil seleksi ini juga dapat dilihat pada laman 12 laman PTN mirror lainnya, yaitu :

Halaman
123
Editor: Erlina Fury Santika
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved