Lihat Ular Hingga Bergelantungan di Kabel, Warga Minta Tiga Pohon di Depan Rumahnya Dipangkas

Ular itu bergelantungan di Jalan Agung Raya 1 RT 011 RW 003, Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Jumat (22/3/2019).

Lihat Ular Hingga Bergelantungan di Kabel, Warga Minta Tiga Pohon di Depan Rumahnya Dipangkas
TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS
Suasana penebangan pohon di Jalan Agung Raya I pada Selasa (26/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, JAGAKARSA - Belakangan ini, warga Lenteng Agung dibayangi oleh keresahan lantaran banyaknya ular berjenis sanca di permukimannya.

Tak hanya melata di jalan raya hingga memasuki rumah warga, ular sanca pun hingga mampu melilit di kabel listrik dan bergelantungan menjulur-julurkan kepalanya.

Ular itu bergelantungan di Jalan Agung Raya 1 RT 011 RW 003, Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Jumat (22/3/2019) silam.

Melihat kejadian itu, warga Lenteng Agung bernama Solihun pun akhirnya melaporkan kejadian itu kepada pihak kelurahan.

Sebab, kabel yang melintas di permukiman warga itu dekat dengan pepohonan rimbun sehingga diduga ular memanjat pohon kemudian bergelantungan di atas kabel listrik.

Sekretaris Lurah Lenteng Agung, Deni Isnandar menuturkan sejumlah petugas PPSU kemudian dikerahkan untuk memangkas pepohonan di dekat kabel itu.

Suasana penebangan pohon di Jalan Agung Raya I pada Selasa (26/3/2019).
Suasana penebangan pohon di Jalan Agung Raya I pada Selasa (26/3/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS)

"Awalnya ada ular yang melilit kabel, ada upaya dari warga sendiri yang mengamankannya. Kemudian kita tindak lanjuti ada tiga pohon angsana, rambutan dan mangga yang kita pangkas agar dahannya tak menjulur mendekati kabel," ujarnya kepada TribunJakarta.com di lokasi pada Selasa (26/3/2019).

Deni kemudian meminta kepada RT maupun RW di wilayahnya untuk melaporkan lahan-lahan kosong yang harus dibersihkan.

"Nanti kita tetap akan berkoordinasi dengan ketua RT dan RW untuk membersihkan lahan-lahan yang masih kosong yang berpotensi adanya ular," lanjutnya.

Keberadaan ular melilit kabel itu awalnya ditemukan oleh warga setempat saat melihat kabel itu bergerak terombang ambing.

Saat itu warga bernama Tegan langsung mengamankan ular itu meski sempat melakukan perlawanan.

"Saat diamankan memang beberapa kali nyerang ke kita. Panjang ular itu sekira 2 meter 10 cm. Itu ular liar enggak tahu datang dari mana," tambahnya.

Solihun kemudian menambahkan sekira enam bulan belakangan ini warga Lenteng Agung diresahkan dengan kehadiran ular liar berjenis sanca.

"Dulu enggak pernah kejadian adanya ular ini tapi semenjak enam bulan belakangan ini kok jadi banyak. Ini sepertinya ular liar. Lama-lama warga jadi terbiasa melihat adanya ular itu," tandasnya.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved