Bus Listrik Segera Mengaspal di Ibukota, Ini Lokasi yang Jadi Pertimbangan Saat Uji Coba

Ada sekitar lima kontestan yang diperkirakan akan mengirimkan bus listrik ramah lingkungan ke Indonesia.

Bus Listrik Segera Mengaspal di Ibukota, Ini Lokasi yang Jadi Pertimbangan Saat Uji Coba
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
PT Angkasa Pura II bersama PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang diluncurkan di Bandara Soekarno-Hatta menggunakan energi listrik dan ramah lingkungan, Jumat (31/8/2018). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan segera menguji cobakan bus listrik rendah emisi di ruas jalan Ibukota.

Meski belum dipastikan kapan ujicoba tersebut berlangsung, Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph mengatakan bahwa pihaknya hanya tinggal menunggu para pabrik dari berbagai negara untuk segera menyediakan bus yang dilengkapi dengan persyaratan yang diperlukan.

"Tahapannya, tinggal para pabrik, dapat melengkapi persyaratan yang diterapkan oleh negara kita. Kan setiap negara tentunya punya ketentuan yang berbeda ya. Kita tentunya ingin agar ini segera bisa terlaksana," kata Daud di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (15/4/2019).

"Ada (kontestan) yang memang dari luar negeri, ada yg dari Taiwan, ada yang dari China. Kami membuka kesempatan kepada dari seluruh belahan dunia. Dari Eropa kami juga memanggil, kemudian dari beberapa tempat seperti di produsen dari amerika selatan juga kita panggil. Dari Eropa juga ada, jadi saya pikir tidak terbatas dari mana datangnya kontestan ini. Yang penting mereka harus sudah siap memenuhi ketentuan," tambahnya.

Bus listrik yang akan mengaspal di Jakarta, didatangkan langsung dari pabrik-pabrik yang terletak di berbagai negara. Bus listrik tersebut, sebelumnya sudah terlebih dahulu diujicobakan di negara lain.

24 Warga Kampung Akuarium yang Telah Meninggal Masih Tercatat di DPT

Ini Jadwal Keberangkatan dan Daftar Kota Tujuan Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta

Abu Bakar Baasyir Pilih Golput pada Pilpres 2019, Begini Kata Kalapas Gunung Sindur

Ada sekitar lima kontestan yang diperkirakan akan mengirimkan bus listrik ramah lingkungan ke Indonesia. Masing-masing kontestan itu diketahui akan mengirim satu atau dua bus listrik untuk segera diujicoba.

Ia pun menuturkan lokasi manasaja yang sudah dipertimbangkan untuk titik ujicoba bus ramah lingkungan tersebut.

"Kita harus ada namanya multiple kontestan, nah kontestannya ini multiplenya berapa? Awalnya kita rencanakan sekitar lima. Lima kontestan ini, kalau membawa dua contoh bis maka secara total paling banyak 10 bis," katanya.

Lebih lanjut, ada dua tipe lokasi yang nantinya menjadi lokasi ujicoba bus rendah emisi tersebut.

Diantaranya adalah lokasi yang secara lalu lintas lebih lancar dibandingkan lalu lintas di lokasi lainnya, dan lokasi yang mendapatkan ekspos positif dari banyak orang.

"Artinya daerah-daerah yang selama ini jumlah penumpangnya banyak juga. Tentunya, salah satu cara untuk menguji daya tahan kendaraan adalah dengan menguji muatannya bisa berapa. Nah kalau perkantoran, iya. Tentunya di Jakarta ini perkantroannya ada di mana-mana. Tapi, konsentrasinya biasanya ada di Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said, dan Jalan Sudirman-Thamrin," pungkas Daud.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved