Antisipasi Lonjakan Pemilih Datang ke TPS, PPK Cengkareng Lakukan Hal Ini

Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat memiliki jumlah TPS dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak di wilayah Jakarta Barat.

Antisipasi Lonjakan Pemilih Datang ke TPS, PPK Cengkareng Lakukan Hal Ini
TRIBUNJAKARTA.COM/ LEO PERNAMA
Ketua PPK Cengkareng, Rudianto saat ditemui di GOR Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (15/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Leo Permana

TRIBUNJAKARTA.COM, CENGKARENG - Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat memiliki jumlah TPS dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak di wilayah Jakarta Barat.

Antisipasi lonjakan pemilih yang datang ke TPS pun dilakukan oleh pihak PPK Kecamatan Cengkareng.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK ) Cengkareng, Rudianto mengatakan, antisipasi sementara ini pihaknya hanya memberikan informasi wawasan kepada KPPS Kelurahan saat pelaksanaan Bimtek.

"Jadi untuk menanggulangi tidak terjadi lonjakan pemilih itu, memang harus partisipatif ya teman-teman KPPS memberikan informasi ke lingkungan masing-masing," katanya saat ditemui di GOR Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (15/4/2019).

"Khususnya per satu jam sekali bisa meminjam alat pengeras suara dari mushala atau masjid, untuk diumumkan sesegera mungkin menggunakan hak pilihnya karena mengingat waktu sudah semakin siang, untuk masa percepatan agar tidak terjadi penumpukan," lanjut dia.

Meski demikian, ia menjelaskan tidak adanya penambahan petugas di masing-masing TPS.

Kawal Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2019, KSN Siapkan 1,6 Juta Saksi di TPS

Telat Semenit Datang ke TPS, Hak Pilih Dipastikan Gugur

Adapun untuk petugas di TPS nanti, akan ada 7  Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan dua pengamanan TPS.

Antisipasi lainnya, lanjut Rudianto, sejauh ini pihaknya sudah lakukan terkait sosialisasi pemilih pindah dari memilih dari daerah.

"Kemudian untuk teman-teman petugas PTPS yang notabennya dia bertugas di luar ktp yang berlaku itu, sudah kita imbau untuk sesegera mungkin membuatkan A5, surat pindah memilih itu sudah maksimal kita lakukan," ungkapnya.

Menurutnya, pemilih yang menggunakan A5 lumayan banyak di Cengkareng, dan paling banyak sebarannya di Kelurahan Kapuk, Jakbar.

Sepengalamannya saat menjadi PPK dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub), ia menjelaskan untuk TPS rawan di Cengkareng di antaranya, di TPS deret dan TPS yang rawan banjir.

Namun untuk TPS tersebut, lanjut dia, sudah diantisipasi sedini mungkin sehingga diharapkan pelaksanaan Pemilu di sana dapat berjalan lancar.

"Hanya sepertinya Pemilu ini sudah diantisipasi, kalau titik-titik rawan banjir juga sudah ditinggiin lah, sudah normal," ujarnya.

"Kemudian untuk TPS deret itu juga sudah dikomunikasikan dengan lingkungan setempat, jadi tingkat pengamanannya juga sudah diperhatikan sejak dini ya," tambah Rudianto.

Penulis: Leo Permana
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved