Libur Panjang Akhir Pekan, PT KAI Tambah 11 Rangkaian Kereta

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan, untuk akhir pekan ini, PT KAI akan mengoperasikan sebanyak 11 kereta api tambahan.

Libur Panjang Akhir Pekan, PT KAI Tambah 11 Rangkaian Kereta
TRIBUNJAKARTA.COM/SUCI FEBRIASTUTI
Suasana Stasiun Pasar Senen, Senen, Jakarta Pusat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNJAKARTA.COM, BANTARJATI - Peringatan Wafatnya Isa Almasih yang jatuh pada hari Jumat (19/4/2019) membuat libur akhir pekan minggu ini menjadi lebih panjang dari biasanya.

Hal tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke luar kota menggunakan moda transportasi, salah satunya kereta api (KA).

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, untuk akhir pekan ini, PT KAI akan mengoperasikan sebanyak 11 kereta api tambahan.

"Ada trend kenaikan jumlah penumpang, terutama di saat long weekend diantisipasi PT KAI Daop 1 Jakarta dengan mengoperasikan 11 KA tambahan,” ujar Eva dalam keterangan resmi, Selasa (16/4/2019).

Dia memaparkan, sebanyak 5.512 tempat duduk (seat) maksimal per harinya ditambahkan untuk melayani para pengguna jasa KA.

Dari 11 KA Tambahan yang dioperasikan tersebut, 8 KA diberangkatkan dari Stasiun Gambir, dan 3 KA diberangkatkan dari Stasiun Pasarsenen dengan tujuan Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo. Semuanya mulai beroperasi pada 15-21 April.

"Sedangkan untuk KA reguler, per harinya telah disediakan total 34.804 seat, dari 58 KA keberangkatan baik dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Ada 32 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan 15.286 seat yang disediakan. Sedangkan dari Stasiun Pasarsenen ada 26 KA dengan 19.518 seat yang disediakan," jelasnya.

Menhub Akan Minta Keterangan Menteri BUMN Terkait Isu Holding Company Perusahaan Transportasi Udara

Menurut data hingga Senin (15/4/2019) pukul 15.00 WIB, tingkat keterisian tempat duduk di kedua stasiun mulai antara tanggal 15 sampai dengan 21 April mencapai 76 persen.

Dengan rincian, tanggal 16 sampai dengan 18 April sudah melebihi 90 persen, sdmentara untuk tanggal 19 April tersisa sekitar 20 persen dari total tempat duduk yang disediakan.

Eva menjelaskan, jumlah tiket yang terjual tersebut akan terus bertambah sejalan dengan ketersediaan tempat duduk yang masih ada.

Kemudian pembelian tiket masih dapat dilakukan hingga menjelang keberangkatan kereta pada tanggal dan jam yang diinginkan oleh para calon pengguna jasa.

Adapun pembelian tiket melalui loket di Stasiun masih dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan kereta jika tiket masih tersedia.

"PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau untuk memudahkan pembelian tiket yang dapat diakses dimanapun masyarakat dapat melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access, website: kai.id, Call Center 121 serta channel eksternal resmi lainnya yang telah bekerjasama dengan PT KAI," ujarnya.

Penulis: Ria Anatasia
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved