Hadapi Pancaroba, Ini yang Bisa Dilakukan Agar Tubuh Tetap Fit

Agar kondisi tubuh tetap dalam keadaan fit dan bugar, Yudi menghimbau masyarakat untuk perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Hadapi Pancaroba, Ini yang Bisa Dilakukan Agar Tubuh Tetap Fit
pada smith
Ilustrasi sayuran 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Afriyani Garnis

TRIBUNJAKARTA.COM,  TANJUNG PRIOK - Memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini membuat pertahanan tubuh menurut berkurang dan mudah terserang berbagai penyakit.

Akibatnya, segala aktivitasnyan pun dapat terhambat karena kondisi tubuh yang tidak sehat akibat pergantian musim tersebut.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Yudi Dimyati pun menjelaskan bahwa saat musim pancaroba tubuh mudah sekali terserang penyakit mulai dari batuk, pilek, hingga diare saat pancaroba.

Kondisi tersebut disebabkan karena  adanya perubahan cuaca secara drastis, dalam hal ini seperti dalam cuaca panas tiba-tiba hujan turun ataupun sebaliknya.

“Perubahan cuaca cepat berganti, dari cuaca panas berganti mendung samapi turun hujan atau sebaliknya. Ini yang kerap menurunnya kesehatan masyarakat,” kata Yudi di Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (24/4/2019).

Agar kondisi tubuh tetap dalam keadaan fit dan bugar, Yudi menghimbau masyarakat untuk perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Masyarakat pun harus mulai mengurangi konsumsi makanan cepat saji (fast food) karena akan berdampak pada gangguan pencernaan seperti diare.

Memiliki pola makan sehat dan istirahat yang cukup juga menjadi penunjangnya.

Garuda Indonesia Belum Tentukan Jumlah Penerbangan Tambahan dan Harga Tiket Lebaran

VIDEO Mengintip Benteng Kuno di Maroko, Lokasi Syuting Mission Impossible 5

4 Khasiat Es Batu Untuk Kesehatan Kulit, Ini Sederet Manfaat lainnya

Untuk mengimbanginya, dirinya pun mengajak masyarakat untuk berolahraga secara teratur setiap hari.

“Di musim pancaroba, banyak penyakit seperti batuk, pilek, dan diare. Itu dengan menjaga pola makan, lebih banyak makan buah dan sayur. Menjaga pola makan, istirahat cukup dan olahraga teratur,” paparnya.

Saat terserang penyakit, disarankan masyarakan agar segera berobat ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

“Masyarakat bisa ke Puskesmas terdekat untuk berobat. Kami akan berikan obat sesuai dosis yang diperlukan pasien,” jelasnya.

Penulis: Afriyani Garnis
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved