Biaya Akomodasi Naik, Harga Paket Umrah Saat Bulan Ramadan Mulai dari Rp 40 Juta

Faktor yang menyebabkan melonjaknya harga menurut Atin ialah karena biaya akomodasi yang juga naik seperti tiket pesawat dan hotel.

Biaya Akomodasi Naik, Harga Paket Umrah Saat Bulan Ramadan Mulai dari Rp 40 Juta
TRIBUNJAKARTA.COM/ANISA KURNIASIH
Event Moslem Travel Fair 2019 di Cibinong City Mall yang berlangsung 24-28 April 2019 menghadirkan berbagai macam perlengkapan haji dan umrah, paket tours & travel serta moslem wear. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, CIBINONG - Beribadah umrah saat di bulan Ramadan rupanya memiliki sensasi tersendiri bagi para umat muslim di dunia.

Hal itulah yang membuat biaya paket umrah di waktu Ramadan lebih tinggi dibandingkan harga paket biasanya.

Menurut Atin, perwakilan dari Amadine Tours & Travel saat ditemui dalam gelaran event Moslem Travel Fair 2019 Cibinong yang berlangsung 24 sampai 28 April 2019, harga paket umrah Ramadan bisa mencapai angka Rp 40 juta.

"Biasanya kalau harga umrah normal kisaran Rp 21 juta, kalau Ramadan apalagi di 10 hari terakhir sampai Rp 40 juta-an karena memang banyak sekali peminatnya dari penjuru dunia," ujar Atin kepada TribunJakarta.com, Rabu (24/4/2019).

Faktor yang menyebabkan melonjaknya harga menurut Atin ialah karena biaya akomodasi yang juga naik seperti tiket pesawat dan hotel.

"Hotel yang biasanya cuma Rp 2 juta, kalau jelang akhir Ramadan bisa Rp 5 juta per malamnya, belum hal lain-lainnya untuk akomodasi," kata Atin.

Nikmatnya Umrah Kala Ramadan: Jamaah Berebut Bersedekah Hingga Makanan Berbuka yang Berlimpah

Menurut Atin, ada pembagian tiga momen Ramadan yang biasanya dipilih calon jamaah yaitu 10 hari di awal puasa, 10 hari pertengahan puasa dan 10 hari terakhir puasa.

"Di momen ketiga inilah biasanya suasana tanah suci penuh dengan jamaah karena banyak yang ingin merasakan malam Lailatul Qadar dan itikaf di masjid," kata Atin lagi.

Atin juga menjelaskan bahwa untuk di Indonesia sendiri beberapa calon jamaah biasanya memang sudah menyiapkan diri dari jauh-jauh hari untuk mengumpulkan dana berangkat umrah ke tanah suci saat Ramadan.

Hal lain yang perlu disiapkan ialah kekuatan fisik dan mental selama perjalanan dan proses ibadah karena perbedaan culture negara.

"Selain harus siap budget lebih sih harus siap fisik juga karena agar bisa mengikuti seluruh rangkaian ibadah dan juga lancar puasanya disana," tutup Atin.

Penulis: Anisa Kurniasih
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved