Pimpin Apel Peringatan Hari Otonomi Daerah, Anies Sampaikan Pesan Mendagri Soal Kualitas SDM

Ia berpesan, mengenai peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi yang lebih baik lewat penyelenggaraan otonomi daerah yang kreatif.

Pimpin Apel Peringatan Hari Otonomi Daerah, Anies Sampaikan Pesan Mendagri Soal Kualitas SDM
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi pembina apel peringatan hari otonomi daerah ke 23 di lapangan silang Monas sisi selatan, pagi ini Kamis (25/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar apel peringatan hari otonomi daerah ke 23 di lapangan silang Monas, Kamis (25/4/2019) pagi.

Jadi pembina apel, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini membacakan amanat yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Ia berpesan, mengenai peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi yang lebih baik lewat penyelenggaraan otonomi daerah yang kreatif dan inovatif.

"Saya rasa ini pesan yang baik dan kesempatan bagi seluruh jajaran untuk memanfaatkan ruang otonomi daerah di seluruh Indonesia agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat lebih besar dari kehadiran pemerintah," kata Anies Baswesan di lokasi, Kamis (25/4/2019).

Tema tersebut, merupakan bentuk eksistensi dan ekspektasi masyarakat terhadap Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Tujuannya, untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah.

Anies pun juga memberi apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah dan masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya Pemilu Serentak tanggal 17 April 2019 dengan aman dan tertib.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Ngobrol Soal Pilpres 2019 Saat Bertemu Jusuf Kalla

"Juga pasca pemungutan suara Pemilu Serentak ini, diharapkan senantiasa mendukung kondusifitas di masyarakat, demikian halnya dengan publik agar terselenggara dengan aman, dan terkendali," katanya.

Selain itu, Anies turut menyinggung soal pelaksanaan upacara di tiap kesempatan.

Dalam upacara-upacara tersebut menurut Anies selalu disebutkan soal kemerdekaan sebagaimana terkandung dalam Undang-Undang Dasar 1945.

"Itu adalah sebagai pengingat untuk semua yang bekerja di pemerintahan bahwa tujuan kita berada di pemerintahan adalah melaksanakan hal itu," katanya.

Anies Baswedan Bakal Libatkan Pelajar SMK Mendesain Seragam Satpol PP dan Guru

Anies berharap agar peringatan hari otonomi daerah bukan hanya sebagai perayaan simbolik saja.

Namun, Mantan Mendikbud ini menginginkan agar pelaksanaan hari otonomi daerah juga dijadikan sebagai peringatan mengenai dasar-dasar tujuan dalam bernegara.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved