Meningkatnya Penerimaan Negara dari Sektor Cukai Mendapat Apresiasi

Direktur Eksekutif Core, Mohammad Faisal mengatakan, penerimaan negara dari sektor cukai cukup memenuhi ekspektasi

Meningkatnya Penerimaan Negara dari Sektor Cukai Mendapat Apresiasi
Kompas.com/Dian Maharani
Contoh bungkus rokok yang ditutup pita cukai. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sejumlah kalangan memberikan apresiasi positif terkait meningkatnya penerimaan negara dari sektor cukai.

Direktur Eksekutif Core, Mohammad Faisal mengatakan, penerimaan negara dari sektor cukai cukup memenuhi ekspektasi.

"Tahun ini ada peningkatan penerimaan cukai sangat signifikan. Sepanjang triwulan pertama tahun ini realisasi penerimaan cukai mencapai 13%, jauh lebih tinggi dibanding triwulan 1 tahun lalu yang hanya 5%," ungkap Faisal saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

"Pertumbuhannya selama triwulan 1 secara year of year (yoy) juga 167%, padahal tahun lalu hanya 16%," tambahnya.

Adapun terkait rencana pemerintah yang akan mengenakan tarif cukai ke sejumlah produk seperti plastik, makanan dan minuman yang mengandung zat pemanis, Faisal menyarankan agar Pemerintah perlu mempertimbangkan kenaikan cukai untuk produk-produk tersebut karena berkaitan dengan industri hilir makanan minuman yang memiliki sumbangan besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja nasional.

Untuk saat ini, menurutnya, dimana pertumbuhan sektor manufaktur masih melambat sebaiknya jangan dulu diterapkan pengenaan cukai.

Order Penumpang Gojek Langsung Anjlok saat Diberlakukannya Uji Coba Tarif Baru

Patuh Membayar Pajak, Perusahaan Kompas Gramedia Mendapat Penghargaan dari DJP

"Apalagi kita masih harus menjaga daya beli masyarakat. pengenaan cukai juga tidak akan efektif mengurangi penggunaan plastik dan konsumsi kalori atau gula oleh masyarakat, karena faktor yang paling berpengaruh terhadap konsumsi kalori masyarakat bukan di minuman berpemanis tapi konsumsi gula itu sendiri (yang diseduh dengan minuman teh/kopi) dan juga nasi," ujarnya.

Dikatakannya, secara umum harus diakui dan diapresiasi bahwa pemerintah cukup berhasil dalam menggenjot sektor penerimaan negara dari sektor cukai ini.

"Kalau melihat di triwulan 1 tahun ini sudah bagus. Tapi ingat, cukai itu fungsi utamanya adalah instrumen pengendalian terhadap barang-barang yang punya eksternalitas negatif, jadi tujuannya bukan untuk mendorong penerimaan negara," tandasnya.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved