11 Ekor Penguin Humboldt Jadi Keluarga Baru Ocean Dream Samudra Ancol

Menurut Rika Sudranto selaku Kepala Divisi Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, ada 11 ekor penguin humboldt yang baru saja didatangkan.

11 Ekor Penguin Humboldt Jadi Keluarga Baru Ocean Dream Samudra Ancol
ISTIMEWA/Dokumentasi Ancol Taman Impian
Penguin humboldt di Ocean Dream Samudra Ancol. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Ocean Dream Samudra, salah satu tempat rekreasi berkonsep edutainment di Ancol Taman Impian, kedatangan keluarga baru.

Adalah penguin humboldt, satwa asal Amerika Selatan yang baru saja mengisi deretan hewan-hewan yang ada di Ocean Dream Samudra.

Menurut Rika Sudranto selaku Kepala Divisi Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, ada 11 ekor penguin humboldt yang baru saja didatangkan.

"Samudra menghadirkan Istana Penguin yang akan menjadi rumah baru bagi 11 ekor penguin humboldt yang sangat lucu dan menggemaskan," ucap Rika, Senin (13/5/2019).

Pengunjung dapat menyaksikan secara langsung bagaimana lucunya perilaku burung yang pandai berenang ini serta berkesempatan memberi makan dalam Istana Penguin.

Selain penguin, di dalam area Istana Penguin juga ada kolam interaktif atau touchpool berisikan biota ikan dan penyu.

Penguin humboldt di Ocean Dream Samudra Ancol.
Penguin humboldt di Ocean Dream Samudra Ancol. (ISTIMEWA/Dokumentasi Ancol Taman Impian)

"Wahana Istana Penguin kami hadirkan untuk menambah kegembiraan libur lebaran dan sekolah tahun ini. Selain dapat melihat secara langsung tingkah pola penguin, pengunjung juga bisa mempelajari bagaimana kehidupan dari keluarga aves ini hidup dan berkembang. Sebab salah satu misi kami sebagai lembaga konservasi untuk turut membantu keberlangsungan biota agar tetap lestari," ucap Rika.

Adapun penguin yang berasal dari Amerika Selatan ini biasa bersarang di pantai berbatu.

Humboldt merupakan salah satu dari tiga jenis penguin yang bisa bertahan hidup di wilayah tropis dengan suhu antara 18-25°C.

Dengan corak tubuh hitam putih seperti penguin pada umumnya, humboldt tingginya bisa mencapai 56-70 cm dengan berat mencapai 3,6 hingga 5,9 kilogram.

Ciri-ciri yang paling terlihat pada hewan ini adalah pola C berwarna putih yang terdapat pada kepalanya mulai dari belakang mata melingkar hingga ke leher.

Adapun penguin humboldt senang memakan ikan tongkol, kembung (anchovetta), sarden kecil dan juga cumi-cumi.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved