Komisi B DPRD DKI Jakarta Tak Masalah Tarif Normal MRT Mulai Berlaku

MRT Jakarta mulai memberlakukan tarif normal per hari ini, Senin 13 Mei 2019 setelah sebelumnya diberi kebijakan potongan harga 50 persen.

Komisi B DPRD DKI Jakarta Tak Masalah Tarif Normal MRT Mulai Berlaku
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Kereta MRT saat mengikuti kegiatan uji coba kereta MRT fase 1 lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta, Selasa (12/3/2019). Uji coba publik kereta MRT fase 1 dilakukan mulai 12-23 Maret 2019. Hingga 11 Maret, tercatat 184.738 orang yang mendaftar untuk mengikuti rangkaian uji coba tersebut. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta mulai memberlakukan tarif normal per hari ini, Senin 13 Mei 2019 setelah sebelumnya diberi kebijakan potongan harga 50 persen di awal pengoperasiannya.

Mengenai kebijakan ini, Komisi B DPRD DKI Jakarta yang membidangi perekonomian mengatakan tak masalah apabila diskon tersebut sudah dicabut.

"Kalau menurut saya, dikembalikannya ke tarif normal MRT tidak apa-apa, itu untuk mengukur perbandingan dalam menentukan kebijakan dan mengevaluasi kebijakan yang sudah ditentukan," kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi saat dikonfirmasi, Senin (13/5/2019).

Menurut Suhaimi, pemberlakuan tarif normal MRT Jakarta saat ini sekaligus dalam rangka evaluasi terhadap efektifitas penggunaan moda transportasi baru tersebut.

Apalagi, Pemprov DKI Jakarta sebelumnya telah menggratiskan MRT Jakarta pada akhir Maret lalu untuk mensosialisasikan kehadiran MRT di awal-awal persemian.

Setelah itu, Pemprov DKI juga kembali memberikan potongan harga atau diskon 50 persen selama bulan April.

"Pertama kan sudah di gratiskan, kemudian separuh harga atau diskon 50 persen. Kemudian sekarang sudah kembali normal. Jadi itu sekaligus menjadi evaluasi di lapangan, artinya kan itu (penumpang) bisa terukur kalau gratis full gimana, kalau 50 persen yang naik sekian, itu kan perhari bisa kita lihat," kata dia.

Perubahan kebijakan tersebut, lanjut Suhaimi sekaligus dalam rangka mengukur jumlah penumpang yang naik MRT setiap harinya.

Mulai Hari Ini MRT Jakarta Berlakukan Tarif Normal, Ini Daftar Lengkap Tiket MRT dari Setiap Stasiun

Terintegrasi MRT, Blok M Plaza Kini Jadi Destinasi Favorit Ngabuburit di akhir Pekan

Sebab, banyaknya jumlah penumpang yang diangkut MRT Jakarta di awal pengoperasiannya, kata Suhaimi bisasaja tak sebanding dengan banyaknya jumlah penumpang ketika diberlakukan tarif normal.

Halaman
123
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved