Begini Prosedur untuk Anda yang Mau Tukarkan Uang Anda di Monas

"Pertama datang saja kesini, kemudian minta kupon antrean kepada petugas. Setelah itu duduk sambil menunggu giliran," ucapnya.

Begini Prosedur untuk Anda yang Mau Tukarkan Uang Anda di Monas
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Sejumlah mobil milik belasan lembaga perbankan yang terparkir di kawasan IRTI Monas, Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Menjelang Lebaran, Bank Indonesia (BI) membuka pelayanan jasa penukaran uang di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat.

Yuniarwan, koordinator jasa penukaran uang di Monas dari BI menuturkan, program ini diselenggarakan guna memudahkan masyarakat mendapatkan uang dengan nominal kecil.

Bagi masyarakat yang berminat bisa langsung datang ke kawasan Monas tersebut.

Pelayanan dibuka setiap Senin hingga Jumat dari pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB.

"Pertama datang saja kesini, kemudian minta kupon antrean kepada petugas. Setelah itu duduk sambil menunggu giliran," ucapnya, Selasa (14/5/2019).

"Setelah dipanggil, nanti akan ada petugas yang mengarahkan ke loket penukaran," tambahnya menjelaskan.

Sejumlah penukar uang tampak sedang menunggu giliran di bawah sebuah tenda di kawasan IRTI Monas, Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).
Sejumlah penukar uang tampak sedang menunggu giliran di bawah sebuah tenda di kawasan IRTI Monas, Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI)

Dijelaskan Yuniarwan, masyarakat yang ingin menukarkan uang mereka di tempat penukaran resmi dari BI ini wajib membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pasalnya, sama seperti tahun lalu, penukaran uang ini berbasis aplikasi.

"Nanti petugas bank di mobil penukaran uang akan memasukan nomer induk kependudukan ke dalam sistem aplikasi kami," ujarnya.

Tujuan dari penggunaan aplikasi ini, disebut Yuniarwan untuk menghindari adanya monopoli penukaran uang oleh sejumlah pihak menjelang lebaran.

Sejumlah mobil milik belasan lembaga perbankan yang terparkir di kawasan IRTI Monas, Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).
Sejumlah mobil milik belasan lembaga perbankan yang terparkir di kawasan IRTI Monas, Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI)

"Satu orang hanya bisa menukarkan uang maksimal Rp 3,9 juta dan mereka baru bisa menukar lagi selang tiga hari kemudian," kata Yuniarwan.

"Kalau mereka mau mencoba di tempat lain termasuk di kantor cabang bank juga enggak bisa karena NIK-nya sudah tercatat di sistem," tambahnya menjelaskan.

Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya pun bisa menggunakan uang tunai dengan nominal yang lebih besar ataupun uang elektronik.

"Bisa juga sih (pakai uang elektronik), yapi saya perhatikan beberapa hari ini masyarakat yang datang membawa uang cash untuk ditukarkan," ucapnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved