Cara Ampuh PSSI dan PT LIB Hindari Praktik Suap dan Pengaturan Skor di Liga 1 2019

PSSI dan PT LIB selaku operator kompetisi, mempunyai terobosan baru dalam mencegah adanya pengaturan skor (match fixing) di kompetisi Liga 1 2019.

Cara Ampuh PSSI dan PT LIB Hindari Praktik Suap dan Pengaturan Skor di Liga 1 2019
Tribunnews.com/Abdul Majid
Direktur Interim PT Liga Indonesia Baru, Dirk Soplanit saat diwawancarai setelah acara managers meeting Liga 1 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (7/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNJAKARTA.COM, SENAYAN - Federasi sepak bola di Indonesia PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, mempunyai terobosan baru dalam mencegah adanya pengaturan skor (match fixing) di kompetisi Liga 1 2019.

PSSI dan PT LIB berencana membentuk Badan Independen khusus yang nantinya akan menangani dan memonitor kinerja wasit yang memimpin pertandingan Liga 1 2019.

Badan Independen wasit ini dibentuk oleh PSSI dengan menjalin kerja sama khusus dengan Federasi sepak bola Inggris FA melalui PGMOL (Professional Game Match Officials Limited) dan JFA (Japan Football Association).

Badan independen ini rencananya akan dipimpin oleh Direktur Teknik Perwasitan dari The FA Inggris.

Direktur Interim PT LIB, Dirk Soplanit berharap dengan dibentuknya badan independen ini bisa mencegah dan menghindari adanya praktik suap di persepakbolaan Indoensia.

Adanya badan independen wasit ini diyakini ampuh dalam mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh wasit dalam sebuah pertandingan.

"Kita harus kerja sama dengan semua pihak, aparat dll. Salah satu hal sorotan banyak pihak, soal wasit. Bersama PSSI kita bangun komunikasi semoga jalannya liga ini mendekati pertengahan pakai badan independen untuk kelola wasit," ucap Dirk Soplanit di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Nantinya, setiap wasit yang ditugaskan memimpin pertandingan ditugaskan langsung oleh badan independen.

PSSI dan PT LIB sama sekali tidak akan dilibatkan dalam pemilihan dan penugasan perangkat pertandingan di Liga 1 2019.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Septiana
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved