Pemilu 2019

Pengiriman Logistik 3 Kecamatan Jakarta Timur Ditarget Beres Malam Ini

Jika target tak meleset, Suhanda berharap hasil rekapitulasi Kecamatan Cakung dapat segera diplenokan di tingkat kota sementara Duren Sawit menyusul.

Pengiriman Logistik 3 Kecamatan Jakarta Timur Ditarget Beres Malam Ini
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Komisioner KPU Jakarta Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan, Suhanda di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Target KPU Jakarta Timur merampungkan pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kota lalu mengirimnya ke tingkat Provinsi DKI meleset jauh dan kini menyisakan tiga dari 10 kecamatan yang masih tahap pleno.

Komisioner KPU Jakarta Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan, Suhanda mengatakan malam ini jadi waktu terakhir bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cakung, Pulogadung, dan Duren Sawit mengirim logistik ke tingkat kota.

Pasalnya KPU RI hanya memberi waktu perpanjangan untuk KPU Provinsi DKI Jakarta selama tiga hari sejak Minggu (12/5/2019) yang merupakan tenggat pleno rekapitulasi tingkat Provinsi berakhir.

"Malam ini malam terkahir buat kecamatan untuk bisa dinaikkan ke kota. Sehingga paginya bisa kita plenokan. Karena dari DKI sudah diwanti-wanti terakhir besok," kata Suhanda di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2019).

Jika target tak meleset, Suhanda berharap hasil rekapitulasi Kecamatan Cakung dapat segera diplenokan di tingkat kota sementara Duren Sawit dan Pulogadung menyusul besok.

Namun bila pleno rekapitulasi tak dapat dilakukan malam ini, Suhanda berharap logistik dari Kecamatan Cakung, Pulogadung, dan Duren Sawit tiba di Gedung KNPI Rawamangun tempat pleno kota digelar.

Pleno Rekapitulasi Suara kembali Molor, Komisioner KPU Jakarta Timur: Kami juga Sudah Capek

"Kalau hari ini siang sampai sore kayaknya enggak mungkin ya. Kita berharap juga malam ini kita pleno, atau minimal yang sudah masuk kita plenokan syukur-syukur dua. Sehingga pagi mengurangi proses rekap paginya. Kita berharap seperti itu," ujarnya.

Suhanda tak dapat menjamin kapan pleno rekapitulasi suara Kota Jakarta Timur beres karena dinamika selama proses bergulir, yakni bila ada saksi yang mengajukan keberatan atas hasil penghitungan.

Bila ada saksi yang keberatan dengan hasil penghitungan, antara saksi, KPU, dan Bawaslu Jakarta Timur harus beradu data dan argumen sampai seluruh pihak puas dengan hasil penghitungan.

"Kita enggak mau menunggu lama lah, segera kita bawa ke KPU DKI. Inginnya enggak ada perpanjangan lagi, makannya tiga kecamatan itu malam ini terakhir harus kumpul semua," katanya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved