Cegah Virus Cacar Monyet, Petugas Bandara Soekarno-Hatta Perketat Penumpang Datang dari Luar Negeri

Kepala KKP Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta, Annas Maruf menjelaskan telah menaruh sejumlah alat untuk pencegahan cacar monyet.

Cegah Virus Cacar Monyet, Petugas Bandara Soekarno-Hatta Perketat Penumpang Datang dari Luar Negeri
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Kepala KKP Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta, Annas Maruf saat menjelaskan pengetatan pengawasan terhadap cacar monyet di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (15/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Sedang marak penyebaran virus cacar monyet atau monkeypox membuat meningkatnya pengawasan pada penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Terutama kepada penumpang warga negara asing (WNA) atau yang datang dari luar negeri.

Hal itu menyusul terdeteksinya warga Afrika yang kerap mengidap penyakit cacar monyet mendarat di bandar udara Singapura beberapa waktu lalu.

Kepala KKP Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta, Annas Maruf menjelaskan telah menaruh sejumlah alat untuk pencegahan cacar monyet.

"Sudah disediakan dan selalu melakukan pemindaian suhu tubuh menggunakan Thermal Scanner," kata Annas di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (15/5/2019).

Tak hanya penumpang saja, pemindaian di menggunakan Thermal Scanner juga dilakukan kepada seluruh kru di Bandara Soekarno-Hatta secara rutin.

Thermal Scanner juga ada di tempat tersembunyi seperti di kedatangan internasional Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Ada Benjolan Berair, Ciri-ciri Cara Mengantisipasi dan Tanda Cacar Monyet

Sehingga penumpang tidak mengetahui bahwa dirinya sedang dipindai.

"Pengamanan lainnya dengan melakukan namanya surveillance sindromik. Kami melakukan pengamatan secara visual kepada orang yang datang terutama dari negara yang ada ditemukan Monkey Pox," tutur Annas.

Lebih jauh ia menerangkan, cacar monyet merupakan penyakit lama namun langka yang disebabkan oleh virus dan ditularkan kepada manusia melalui hewan di Afrika.

Annas meneruskan, cacar monyet dapat tertular secara cepat melalui kontak fisik hewan yang sudah terinfeksi virus seperti tikus, tupai dan hewan pengerat sejenisnya.

Pihak KKP Kelas I Bandara Soekarno-Hatta telah menyediakan ruang isolasi bagi penumpang yang kedapatan mengidap cacar monyet di Terminal 3.

Di sana, lanjut Annas, penumpang akan menjalani perawatan.

"Sampai saat ini belum ditemukan penumpang yang terjangkit penyakit itu (cacat monyet)," ujar Anas.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved