Salah Hitung, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Jakarta Timur kembali Molor

Komisioner KPU Jakarta Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan Suhanda mengatakan pleno belum kelar karena adanya kesalahan penghitungan

Salah Hitung, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Jakarta Timur kembali Molor
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 Kecamatan Pulo Gadung di Gedung KNPI Rawamangun, Rabu (15/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULO GADUNG - Target KPU Jakarta Timur memulai rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 pada pukul 20.30 WIB dipastikan meleset karena hingga kini rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 Kecamatan Pulo Gadung belum rampung.

Komisioner KPU Jakarta Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan Suhanda mengatakan pleno belum kelar karena adanya kesalahan penghitungan jenis pemilihan DPR di Kelurahan Cipinang.

"Ini ada kesalahan hitung di DA1. Dibandingkan DA1 dengan DAA 1 itu enggak sama, tadi di Kelurahan Cipinang," kata Suhanda di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (15/5/2019).

Lantaran ditemukan kesalahan di Kelurahan Cipinang untuk jenis pemilihan DPR, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pulo Gadung terpaksa juga menghitung ulang enam kelurahan lainnya.

Selain harus menghitung ulang tujuh kelurahan, Suhanda menuturkan penghitungan ulang suara merembet ke jenis pemilihan DPRD dan DPD.

"Karena ada perbedaan di DPR makanya kita cek seluruhnya. Kita hitung lagi semua kelurahan, di Pulo Gadung ada 7 kelurahan," ujarnya.

Perihal perpanjangan waktu selama tiga hari yang diberikan KPU RI lewat KPU Provinsi DKI sejak Minggu (12/5/2019), Suhanda membenarkan bila sekarang merupakan hari terakhir bagi DKI.

Namun karena dinamika penghitungan ulang suara, Suhanda tak dapat memastikan kapan pleno tingkat Kota Jakarta Timur selesai lalu dikirim ke tingkat DKI.

"Sebenarnya malam ini memang terakhir, tapi kita kurang tahu bagaimananya. Nanti kita tunggu intruksi dari KPU DKI, sambil kita perbaiki," tuturnya.

Keluarga Terduga Perekam dan Penyebar Video Berharap Proses Hukum Cepat Selesai

Mayat Wanita di Waduk Pluit Diduga Sudah Membusuk Selama Sebulan

VIDEO Polisi Amankan 7 Remaja yang Hendak Tawuran di Depok

Hingga pukul 20.31 WIB proses penghitungan ulang suara Kecamatan Pulo Gadung baru berlangsung untuk dua atau masih menyisakan tujuh kelurahan lagi.

Pantauan TribunJakarta.com di lantai tiga Gedung KNPI Rawamangun tempat pleno Kecamatan Pulo Gadung digelar, jajaran KPU, Bawaslu Jakarta Timur, dan saksi masih sibuk beradu data hasil penghitungan.

Sebelumnya, Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana mengatakan rapat pleno rekapitulasi suara Kecamatan Pulo Gadung paling lambat bakal dimulai usai umat Islam menunaikan ibadah Salat Tarawih.

"Pulo Gadung sekarang sedang pleno Kecamatan, sejelek-jeleknya selesai habis Tarawih. Kita enggak menunda waktu, begitu selesai langsung kita kirim ke tingkat Provinsi, jam berapa pun," kata Wage.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved