Binmas Noken Polri Gelar Pameran Foto Karya Anak Bangsa dari Tanah Papua di Perpusnas

Binmas Noken Polri menggelar kegiatan acara pameran foto di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat sore ini.

Binmas Noken Polri Gelar Pameran Foto Karya Anak Bangsa dari Tanah Papua di Perpusnas
TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Potret berbagai kegiatan dengan pesona budaya tanah Papua, dipamerkan di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Binmas Noken Polri menggelar kegiatan acara pameran foto di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat sore ini.

Kegiatan yang bertajuk 'Penjaga Peradaban Dari Polri untuk Papua' ini menampilkan sedikitnya 100 foto mengenai berbagai kegiatan yang digelar oleh Binmas Noken Polri, di Timur Indonesia, yakni tanah Papua.

"Jadi tema ini kan sebetulnya menampilkan foto-foto kegiatan Binmas Noken Polri. Binmas Noken Polri itu kan program Mabes Polri yang ruang lingkupnya ada di Papua. Jadi yang ditonjolkan adalah kepolisian hadir tidak hanya memberikan rasa aman tetapi membantu memberikan keahlian dan memberikan pendampingan masyarakat di Papua," kata Daris, salah satu fotografer yang karyanya ikut terpajang di pameran tersebut, Kamis (16/5/2019).

Daris menjelaskan, ada nilai-nilai yang memang ditonjolkan dalam foto-foto yang dipamerkan di acara tersebut.

Jelang Hari Raya Lebaran, Kakorlantas Polri: Jumlah Pemudik Diprediksi Meningkat 40 Persen

Penjelasan Lengkap Mengapa THR PNS, Polri, TNI dan Pensiunan Kemungkinan Tak Cair 24 Mei 2019

Moeldoko ke Kapolri Soal Viralnya Pemuda Ancam Jokowi: Jangan Lagi Ada Maaf, Tindak Saja

Minta Jokowi Perintahkan Kapolri Tak Tahan Dirinya, Eggi Sudjana Ditangkap di Polda Metro Jaya

Selain mengenai pesona budaya Papua, salah satu lainnya adalah mengenai pendampingan yang dilakukan oleh Binmas Noken Polri terhadap berbagai aktifitas masyarakat Papua. Mulai dari bertani, berternak, hingga pendampingan pendidikan.

"Foto-fotonya ini kebanyakan memang diambil di wilayah Papua khususnya di pegunungan. Kenapa? karena ruang operasinya itu lebih ke pegunungan begitu. Apalagi wilayah yang tidak terjangkau seperti pedalaman," tutur dia.

Salah satu program kegiatan yang dilakukan oleh Binmas Noken Polri, bertajuk Polisi Tijar. Yaitu aparat kepolisian mencoba menjadi guru bagi anak-anak di tanah Papua, khususnya di wilayah-wilayah pedalaman yang belum terjangkau.

Potret berbagai kegiatan dengan pesona budaya tanah Papua, dipamerkan di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).
Potret berbagai kegiatan dengan pesona budaya tanah Papua, dipamerkan di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019). (TribunJakarta/Pebby Ade Liana)

"Begitu juga ada peternakan babi, sapi, ayam, kambing. Selama ini mereka melihara ya melihara gitu aja tapi gak ada pendampingan yg betul-betul memperhatikan gizi dan lain-lainnya. Nah itu untuk meningkatkan nilai ekonomi dari peternakan mereka," paparnya.

Dalam hal ini, Daris menjelaskan bahwa Kepolisian Indonesia berusaha untuk mendekatkan diri dengan masyarakat Indonesia dari segala sisi.

Tak hanya dalam sisi penegakan hukum, melainkan juga dalam kehidupan sosial di lingkungan masyarakat.

Perlu diketahui, pameran foto tersebut digelar mulai dari tanggal 13 hingga 24 Mei 2019 di lantai tiga Gedung Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Jakarta Pusat.

Terdiri dari 100 foto, pameran tersebut memperlihatkan berbagai pesona tanah papua dengan berbagai macam aktifitas di dalamnya.

Penulis: Annas Furqon Hakim
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved