Hari Raya Waisak, 35 Napi Agama Budha di Lapas Pemuda Tangerang Terima Remisi

Sebanyak 35 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana penganut agama Budha di Lapas Klas II A Pemuda Tangerang mendapatkan remisi.

Hari Raya Waisak, 35 Napi Agama Budha di Lapas Pemuda Tangerang Terima Remisi
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Kasubsi Lapas Klas II A Pemuda Tangerang Syamsul Hidayat saat ditemui di kantornya, Kamis (16/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM TANGERANG - Sebanyak 35 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana penganut agama Budha di Lapas Klas II A Pemuda Tangerang mendapatkan remisi.

Pengurangan masa tahanan tersebut setelah ada instruksi langsung dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk merayakan hari raya Waisak pada tanggal 19 Mei 2019.

Kasubsi Lapas Pemuda Tangerang Syamsul Hidayat mengatakan, pemberian remisi dapat diberikan karena ke-35 WBP tersebut sudah memenuhi syarat.

Misalnya sudah memenuhi sebagian besar masa tahanan terhitung sejak tanggal penahanan dan berkelakuan baik selama menjalani hukuman.

"Mereka sudah kami ajukan remisi dan telah mendapat persetujuan," kata Syamsul di Lapas Pemuda Tangerang, Kamis (16/5/2019).

Lanjutnya, pemberian remisi melalui beberapa syarat untuk warga binaan memang sudah sebagaimana diatur dalam undang-undang dan wajib hukumnya diberikan.

Ia menambahkan, pihaknya tengah proses pengajuan remisi khusus maupun umum dua bulan sebelumnya sebelum penurunan remisi.

"Rata-rata penghuni disini adalah yang tersandung kasus narkoba dan besaran remisi yang diberikan bervariasi," tuturnya.

Jokowi Batalkan Remisi Pembunuh Wartawan, Alissa Wahid Soroti Kiai Nur Aziz Pembela Petani di Kendal

Dirjen Pas Bawa Surat dari Bali kepada Jokowi Agar Remisi Pembunuh Jurnalis Dibatalkan

Bukan hanya warga binaan pemeluk agama Budha, namun yang beragama Islam juga mendapatkan remisi yang sama.

"Dari 1.713 seluruh warga binaan beragama muslim, 415 mendapat remisi khusus hari raya Idul Fitri dan sudah diusulkan untuk mendapatkan remisi khusus. Sedangkan 681 orang diantaranya mendapat remisi normal," papar Syamsul.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved