Ramadan 2019

Ini Lokasi Favorit Bung Hatta Kala Salat di Masjid Jami Matraman

Berumur ratusan tahun, Masjid Jami Matraman kental akan sejarah. Banyak tokoh terkenal yang pernah berkunjung dan menjalankan salat di masjid tersebut

Ini Lokasi Favorit Bung Hatta Kala Salat di Masjid Jami Matraman
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Lokasi favorit Bung Hatta saat menjalankan salat di Masjid Jami Matraman, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Berumur ratusan tahun, Masjid Jami Matraman kental akan sejarah. Banyak tokoh terkenal yang pernah berkunjung dan menjalankan salat di masjid tersebut.

Salah satunya ialah Wakil Presiden Indonesia yang pertama, yaitu Mohammad Hatta.

Pria asal Bukittinggi ini disebut kerap datang menjalankan salat di masjid yang terletak di Jalan Matraman Masjid, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat.

"Bung Hatta dulu sering kesini karena memang dulu tempat tinggalnya dekat sini," ucap Haji Samsudin, marbot Masjid Jami Matraman, Kamis (16/5/2019).

Pria yang akrab disapa Haji Udin ini mengatakan, setiap kali datang untuk menjalankan salat di Masjid Jami Matraman, Bung Hatta selalu duduk di tempat yang sama.

Masjid Jami Matraman Kerap Didatangi Pejabat Pemerintahan

Kisah Masjid Jami Matraman, Pernah Disambangi Bung Karno Salat Jumat Usai Bacakan Teks Proklamasi

Ada Peninggalan Bersejarah Tersimpan di Masjid Jami Matraman, Salah Satunya Jadwal Salat

Lokasinya berada di saf pertama, tepat di sebelah kiri imam saat memimpin salat. Kini lokasi tersebut tepat berada di depan sebuah papan pengumuman bertuliskan 'HP Dimatikan'.

Saking seringnya Bung Hatta menempati lokasi tersebut, sampai sekarang banyak warga sekitar yang menjuluki lokasi tersebut sebagai 'tempat Bung Hatta'.

"Beliau sering kesini sampai orang sekitar sini hafal tempat Bung Hatta salat, duduknya enggak pernah pindah, disitu saja," ujarnya kepada TribunJakarta.com.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Satrio Sarwo Trengginas
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved