Seluruh Fraksi Kirimkan Nama, Pansus Pemilihan Wagub DKI Mulai Tugas Tanggal 20 Mei

Pembentukan Pansus pemilihan Wagub DKI Jakarta sudah selesai. Seluruh fraksi telah mengirimkan nama anggota Pansus.

Seluruh Fraksi Kirimkan Nama, Pansus Pemilihan Wagub DKI Mulai Tugas Tanggal 20 Mei
Instagram @matanajwa
Ilustrasi Kursi Kosong Cawagub DKI Jakarta, Pendamping Anies Baswedan 

LaporanWartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pembentukan Pansus pemilihan Wagub DKI Jakarta sudah selesai.

Seluruh fraksi di DPRD DKI Jakarta diketahui telah mengirimkan nama-nama anggota yang akan bertugas dalam panitia khusus tersebut.

"Sudah (semua fraksi). Senin sudah mulai kerja Tanggal 20 mulai rapat pertama," kata Sekretaris Dewan M Yuliadi saat dikonfirmasi, Jumat (17/5/2019).

Yuliadi mengatakan, panitia khusus tersebut akan mulai bertugas dalam proses pemilihan Wagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno pada tanggal 20 Mei 2019 mendatang.

Nantinya, anggota pansus tersebut akan memiliki waktu maksimal hingga enam bulan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

"Jumlah timnya kalau nggak salah, 35. Kalau sesuai PP (Peraturan Pemerintah) pansus itu maksimal 6 bulan," kata dia.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, Pasal 64 ayat 4 dijelaskan bahwa masa kerja panitia khusus paling lama I (satu) tahun untuk tugas pembentukan Perda, atau paling lama 6 (enam) bulan untuk tugas selain
pembentukan Perda.

Yuliadi pun menyebut bahwa rapat panitia khusus pertama akan melibatkan Kementerian Dalam Negeri untuk memberikan masukan terkait mekanisme pemilihan.

"Jadi memang rapat pertama kita undang Depdagri. Itu sebagai bahan kasih masukan mekanismenya, tata cara pemilihan wagub, dan pembuatan tata tertib," ungkap dia.

Sebelumnya, anggota DPRD DKI Jakarta telah sepakat membentuk panitia khusus yang bertugas untuk menyusun tata tertib pemilihan untuk Wagub DKI Jakarta.

Wacana Pembentukan Pansus Kecurangan Pemilu, Sandiaga Mendukung Namun Waketum PAN Menolak

Pemilihan Wagub DKI Masih Molor, Fraksi Demokrat, Gerindra dan PDIP Belum Ajukan Anggota Pansus

Namun, Pemilu 2019 diakui oleh sejumlah anggota dewan sebagai salah satu alasan mengenai tersendatnya proses pembentukan pansus tersebut.

Menurut beberapa anggota dewan, pihaknya tengah sibuk mempersiapkan diri untuk Pemilu 2019 kemarin. Apalagi sebagian besar anggota kembali mencalonkan diri sebagai calon legislatif.

"Kita tunggu dari dewan, mudah-mudahan sekarang dengan hasil pileg sudah menemukan tanda-tanda tuntas, teman di dewan sudah bisa aktif lagi dan harapannya nanti pembahasan bisa segera dilakukan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019) lalu.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved