Tarawih Keliling, Wakil Wali Kota Tangerang Ingatkan Pentingnya Zakat untuk Benahi Persoalan Sosial

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin hadir dalam acara Buka Puasa Bersama Tingkat Provinsi Banten di Masjid Al-Baidho.

Tarawih Keliling, Wakil Wali Kota Tangerang Ingatkan Pentingnya Zakat untuk Benahi Persoalan Sosial
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Buka Puasa Bersama Tingkat Provinsi Banten di Masjid Al-Baidho Kelurahan Sudimara Selatan Kecamatan Ciledug, Kamis (16/05/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, CILEDUG - Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin hadir dalam acara Buka Puasa Bersama Tingkat Provinsi Banten di Masjid Al-Baidho, Kelurahan Sudimara Selatan, Kecamatan Ciledug, Kamis (16/05/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Sachrudin menjelaskan Safari Ramadan yang digelar baik ditingkat provinsi maupun di tingkat kota, tak lain sebagai perekat silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakatnya.

"Kalau di Kota Tangerang, Safari Ramadan diisi dengan Tarling (Tarawih keliling) ini adalah cara kami untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan warga," ujar Sachrudin dihadapan warga yang memadati Masjid Al-Baidho.

Selain itu, Sachrudin mengajak warga untuk sama-sama memanfaatkan masjid dan musala di sekitar tempat tinggal sebagai tempat penghimpun dana umat yang dapat dikelola secara mandiri.

"Sedang terus kita maksimalkan, bagaimana warga bisa menyelesaikan masalah sosial di lingkungannya secara cepat dan mandiri. Yaitu dengan dibentuknya Unit Pengumpul Zakat atau UPZ," kata Sachrudin.

Tata Cara dan Doa, Hingga Waktu yang Afdol Membayar Zakat Fitrah

Ini Cara Perhitungan Zakat Fitrah yang Harus Kamu Keluarkan Jika Ingin Ganti dengan Uang

Manfaat dari UPZ-UPZ yang dibentuk disetiap masjid dan musala, diharapkan membawa dampak kepedulian dan kesadaran sosial dalam pembangunan kota.

"Secara tidak langsung, bapak-ibu membantu sesama dengan zakat dan sedekah di UPZ," terang Sachrudin.

"Masalah sosial jadi lebih cepat tertangani, karena pengelolaannya dibantu oleh RT/RW dan LSM setempat, yang mengetahui secara pasti masalah sosial yang sedang dihadapi di wilayahnya," tutupnya.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved