Ramadan 2019

Urai Antrean, Dishub Kabupaten Tangerang Ciptakan Aplikasi Pendaftaran Uji Kir

Permohonan uji Kir di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang membludak menjelang Lebaran 2019.

Urai Antrean, Dishub Kabupaten Tangerang Ciptakan Aplikasi Pendaftaran Uji Kir
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Antrean kendaraan yang mengular untuk melakukan uji kir menjelang lebaran 2019 di Dishub Kabupaten Tangerang, Jumat (17/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Permohonan uji Kir di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang membludak menjelang Lebaran 2019.

Bahkan, terjadi kenaikan 100 persen jumlah kendaraan yang ingin dilakukan uji kir mencapai 350 sampai 400 kendaraan dalam seharinya.

Untuk mengurai antrean dan mempercepat proses uji kir, Dishub Kabupaten Tangerang menciptakan sebuah aplikasi SIM PKB online.

Kepala UPT uji kir Dishub Kabupaten Tangerang, Topik mengatakan, melalui aplikasi tersebut juga dapat meningkatkan pendapatan anggaran daerah (PAD).

"Aplikasi ini selain mengefisienkan waktu uji kir, juga mempermudah konsumen untuk melakukan pengujian, dari mendaftar hingga sampai cetak buka kir-nya," jelas Topik, Jumat (17/5/2019).

Antrean kendaraan yang mengular untuk melakukan uji kir menjelang lebaran 2019 di Dishub Kabupaten Tangerang, Jumat (17/5/2019).
Antrean kendaraan yang mengular untuk melakukan uji kir menjelang lebaran 2019 di Dishub Kabupaten Tangerang, Jumat (17/5/2019). (TribunJakarta.com/Ega Alfreda)

Jika waktu lebih efisien, lanjut Topik, pastinya perharinya akan ada peningkatan kendaraan yang akan melakukan pengujian kir.

"Biasanya perharinya kita bisa melayani hingga 150 hingga 200 lebih kendaraan di hari biasa, dengan aplikasi online ini pastinya akan ada peningkatan dan itu pasti berdampak dengan peningkatan PAD," tutur Topik.

Menurutnya, aplikasi SIM PKB online secara umum adalah aplikasi yang mengoneksikam aplikasi daerah dengan pemerintahan pusat.

Mulai dari tanggal pengujian kir, data kendaraan, dan jenis kendaraan yang menguji kir.

Halaman
123
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved