Info Mudik 2019

Setiap Tahun Selalu Mudik Pakai Motor ke Semarang, Warga Cengkareng Ini Senang Ikut Mudik Gratis DKI

"Tiap tahun memang saya mudik, tapi naik motor terus. Sudah capek, makanya sekarang ikut ini, apalagi gratis," kata Yanto.

Setiap Tahun Selalu Mudik Pakai Motor ke Semarang, Warga Cengkareng Ini Senang Ikut Mudik Gratis DKI
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Yanto, seorang peserta mudik gratis saat ditemui di kantor Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Jumat (18/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan akan memberangkatkan sebanyak 16.578 masyarakat Ibu Kota dalam kegiatan Jakarta Mudik Bersama secara gratis pada 30 Mei 2019 mendatang.

Yanto, salah satu warga asal Cengkareng, Jakarta Barat, memilih mengikuti program tersebut karena lebih menghemat tenaga jika dibandingkan dengan perjalanan mudiknya setiap tahun.

Bagaimana tidak, tinggal di kawasan Jakarta Barat dan memiliki Kampung Halaman di Semarang, Jawa Tengah, Yanto hampir tak pernah mudik dengan menggunakan jasa kereta api maupun bus antar kota. Ia mengaku selalu pulang kampung dengan mengendarai sepeda motor.

"Tiap tahun memang saya mudik, tapi naik motor terus. Sudah capek, makanya sekarang ikut ini, apalagi gratis," kata Yanto saat ditemui di kantor Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Jumat (17/5/2019) kemarin.

Yanto mengatakan, bahwa untuk perjalanan dari tempat tinggalnya ke Semarang, membutuhkan waktu sekitar 24 jam disaat-saat menjelang lebaran seperti ini dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Sebab, selain macet kata dia dibutuhkan beberapa kali istirahat karena kelelahan.

Jelang Mudik Lebaran, Ratusan Motor Bakal Dikirim ke Kampung Halaman Naik Kereta Logistik

Ia pun mengaku bahwa kini tak mau lagi pakai motor karena sudah ada mudik gratis. Selain menghemat tenaga, ia mengaku kegiatan ini juga membuat irit pengeluaran.

"Kalau gak pakai motor, ke Semarang Rp 250 ribu sekali jalan. Kalau pun pakai motor kan ada uang bensin juga. Kalau ini hemat. Uangnya gak kemana-mana bisa buat keperluan lain. Buat tambahan lebaran juga bisa uangnya," tuturnya.

Diketahui, Kegiatan mudik gratis ini, merupakan program kegiatan pertama yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved