Ini Kata Gerindra Terkait Bunga Cicilan Rumah DP Nol Rupiah dan Jual Belinya

Bunga cicilan itu tidak disubsidi. Bank DKI akan diminta menerbitkan kebijakan hanya mengenakan bunga 5 persen untuk program hunian DP nol rupiah

Ini Kata Gerindra Terkait Bunga Cicilan Rumah DP Nol Rupiah dan Jual Belinya
warta kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara peletakan batu pertama program rumah DP Nol rupiah di Pondok Kopi, Jakarta Timur pada Kamis (18/1/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR- Konsep dan skema hunian Down Payment (DP) atau uang muka nol rupiah program Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno kembali dikritik.

Kritik tersebut dilontarkan oleh Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Iman Satria. Iman mengkritik mengenai cicilan dan cara jual beli hunian yang mesti lewat Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Iman Satria mengatakan, banyak orang dan anggota Dewan berpikiran bunga cicilan akan disubsidi Pemprov DKI. Sehingga, muncul anggapan hal itu tak bisa karena berbenturan dengan aturan, di mana tak sesuai dengan RPJMD gubernur yang hanya lima tahun.

Baca: Minim Kesadaran, Banyak Pengendara Melanggar Aturan

"Salah itu pikirannya. Bunga cicilan itu tidak disubsidi. Tapi, Bank DKI akan diminta menerbitkan kebijakan hanya mengenakan bunga 5 persen untuk program hunian DP nol rupiah," ucap Iman kepada Wartakotalive.com di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (24/1/2018).

Sehingga, bunga akan menjadi 'fixed' dan Pemprov DKI tak perlu lagi menyubsidi ketika suku bunga naik turun.

Sedangkan soal ucapan Anies hunian DP nol rupiah hanya boleh diperjualbelikan ke BLUD, Iman menyebut itu langkah baik.

Iman mengatakan, hal itu membuat harga hunian menjadi terkontrol dan BLUD juga jadi penjamin para kreditur. Berikutnya, banyak muncul pertanyaan apabila kredit macet dan akhirnya tanah disita bank.

"Ya tak perlu repot. Itu kan BLUD jadi penjamin. Ya begitu kredit macet dan huniannya mau disita bank, ya BLUD akan melunasi sisBaru kemudian hunian yang ditinggal penyicilnya, karena kredit macet itu bisa dijual lagi dengan harga yang pantas.

Baca: Damkar Basmi Sarang Tawon Ndas di Kawasan Kompas Gramedia

Menurut Iman, hunian DP nol rupiah harganya akan terus meningkat, tetapi dengan hitungan tertentu. Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat Agustino Dermawan, membenarkan hal itu.

Menurut Agustino, harga jual beli hunian DP nol rupiah memang ada skema penghitungan tersendiri.

"Memang ada skema penghitungannya itu," kata Agustino ketika dihubungi Wartakotalive.com, kemarin. Namun, Agustino belum mau menjelaskan bagaimana skema tersebut.

Berita ini telah tayang di wartakotalive.com dengan judul: Soal Bunga Cicilan Rumah DP Nol Rupiah dan Cara Jual Belinya, Ini Kata Gerindra

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved