Pernyataan-pernyataan Sandiaga Uno Soal Becak Listrik

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menyebut akan ada becak listrik di Jakarta.

Pernyataan-pernyataan Sandiaga Uno Soal Becak Listrik
Facebook New York Pedicab Service
New York Pedicab, atau becak New York yang akan diadopasi di Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNJAKARTA, PALMERAH --- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakata, berniat untuk melegalkan kembali becak di Jakarta. Hal itu dikatakan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Ia mengatakan becak-becak yang dilegalkan, adalah becak yang selama ini sudah beroperasi di Jakarta, yang jumlahnya ribuan. Pemprov tidak akan menerima becak baru dari luar Jakarta.

Belum selesai pro-kontra atas gagasan becak yang disampaikan Gubernur DKI, muncul wacana tambahan, yakni becak listrik. Berikut yang disampaikan Sandiaga Uno soal becak listrik:

1. Gagasan soal becak listrik disampaikan oleh Sandiaga Uno pada hari Minggu lalu (28/1), saat menyambangi Lapangan Bola Wijaya Kusuma, Palmerah, Jakarta Barat.

"Jadi kemarin kebetulan ada program bersama-sama PLN, salah satu yang disorot adalah angkutan perumahan yang ramah lingkungan dan yang diusulkan adalah sepeda listrik," ujarnya.

2. Dalam kesempatan yang sama, ia menyebutkan becak listrik akan mempermudah kerja sang pengayuh. Karena becak tersebut dilengkapi dengan motor listrik.

"Karena kalau sepeda listrik nyalanya itu pas tanjakan dia nyala jadi genjotnya harus agak pelan, kalau turunan dia ngisi," katanya.

3. Becak listrik merupakan bagian dari program besar Pemprov melegalisasi becak. Mereka yang akan mengoperasikan becak listrik, adalah penarik becak yang selama ini sudah beroperasi secara gelap di Jakarta.

Baca: Prakiraan Cuaca DKI Jakarta hari ini

"Enggak boleh tambah lagi, yang ini sudah kita stikerin dulu sembari kita berikan pelatihan," ujarnya.

4. Pada hari Senin kemarin (29/1), Sandiaga Uno kembali bicara soal becak listrik. Ia mengatakan becak yang ia maksud adalah becak dengan posisi pengayuh yang berada di depan, seperti Pedicab yang ada di kota New York, Amerika Serikat.

"Jangan membayangkan becak yang nariknya di belakang ya. Ini yang pengemudinya di depan," katanya.

Di situs newyorkpedicabservices.com, ditampilkan sejumlah foto dari New York Pedicab yang dimaksud Sandiaga Uno. Becak tersebut didesign dengan si pengayuh yang berada di depan, menarik penumpang yang berada di bagian belakang.

Namun di situs tersebut tidak ada informasi mengenai becak listrik, ataupun becak yang dibantu dengan mesin kecil, yang akan mempermudah si pengayuh. (Tribunnews.com/ Kompas.com/ Warta Kota).

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Nurmulia Rekso Purnomo
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved