Terjaring Razia, 9 Calo di Samsat Jakarta Timur Terima Hukuman ini

Sembilan orang terjaring razia calo di Samsat Jakarta Timur harus membuat surat pernyataan dan rela diusir dari area samsat.

Terjaring Razia, 9 Calo di Samsat Jakarta Timur Terima Hukuman ini
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Sebanyak sembilan calo terjaring razia saat beroperasi di Samsat Jakarta Timur, Selasa (6/2/2018). TRIBUNJAKARTA.COM/DIONISIUS ARYA BIMA SUCI 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBON NANAS - Sembilan orang terjaring razia calo di Samsat Jakarta Timur harus membuat surat pernyataan dan rela diusir dari area samsat.

Hasil pendataan petugas, dua dari sembilan calo merupakan warga Bogor dan Bandung, Jawa Barat.

Sedangkan enam lainnya warga Jakarta Timur dan satu orang warga Jakarta Selatan.

"Sanksi yang akan kami berikan mereka harus membuat surat pernyataan tidak akan mengulangj perbuatan mereka dan ditandatangani di atas meterai," ujar Pamin Samsat Keliling, Ipda Prabowo, saat memimpin razia calo di halaman Samsat Jakarta Timur.

Baca: 4 Tips Bikin Liburanmu Lebih Nyaman Dalam Waktu Panjang

Baca: Lumpur Sungai Ciliwung Terjang Rumah Warga Gang Gotong Royong Depok, Begini Kondisinya

Ia menambahkan pihaknya tidak dapat memberikan sanksi kurungan karena tidak ada peraturan dalam perundangan yang mengatur sanksi bagi para calo.

"Susah juga kalau mau menangkap dan mengurung karena tidak ada undang-undang yang mengatur," dia menambahkan.

Masyarakat yang tidak bisa datang ke samsat diimbau membuat surat perwakilan kepada orang lain yang dipercaya untuk mengurus surat kendaraannya.

"Kalau para calo ini membuat surat pernyataan juga kan susah kita membedakannya, mana benar calo, mana bukan," tambah dia.

Ipda Prabowo menjelaskan Samsat Jakarta Timur sudah coba memasang spanduk berisi ajakan kepada masyarakat untuk menolak praktik percaloan di lingkungan samsat.

"Spanduk sudah dipasang, sekarang tinggal kesadaran masyarakat saja agar mau secara mandiri mengurus berkasnya sendiri," dia menambahkan.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved