Tahun Baru Imlek 2018

Tahun Baru Imlek 2018: Sejarah Barongsai (Lion Dance)

Dalam budaya Tionghoa tradisional, singa, seperti naga China, hanyalah binatang yang ada dalam mitos, dan tidak ada singa sebenarnya di China.

Tahun Baru Imlek 2018: Sejarah Barongsai (Lion Dance)
Tribunnews
Barongsai berwarna merah. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Barongsai adalah tarian tradisional Tionghoa yang dilakukan pada kesempatan besar, seperti Festival Musim Semi (Tahun Baru Imlek) untuk keberuntungan, karena diyakini bahwa singa itu binatang yang menguntungkan.

Melansir informasi dari chinahighlights.com, tarian Barongsai dilakukan dengan kostum singa, disertai dengan musik genderang, benturan simbal, dan gong gendang, tarian singa meniru berbagai gerakan singa atau menunjukkan kelincahan seni bela diri, tergantung pada gayanya.

Barongsai
Barongsai di China. ()

Asal dan Sejarah Barongsai

Pendapat tentang asal mula Barongsai dibagi secara luas, yang paling bisa diandalkan adalah: Dalam budaya Tionghoa tradisional, singa, seperti naga China, hanyalah binatang yang ada dalam mitos, dan tidak ada singa sebenarnya di China.

Sebelum Dinasti Han (202 SM-220 M), hanya beberapa singa yang sampai di Central Plains dari daerah barat Cina kuno (sekarang Xinjiang), karena perdagangan sutra.

Pada saat itu, orang menirukan penampilan dan tindakan singa yang baru tiba dalam sebuah pertunjukan.

Lalu berkembang menjadi Barongsai(Lion Dance) di Periode Tiga Kerajaan (220-280) dan kemudian menjadi populer seiring munculnya Buddhisme di Dinasti Utara dan Selatan (420-589).

Pada Dinasti Tang (618-907), Barongsai adalah salah satu tarian istana.

Setelah itu Barongsai terus menjadi pertunjukan yang populer di kalangan masyarakat, untuk berdoa juga semoga sukses selama Festival Musim Semi atau selama perayaan lainnya.

Barongsai adalah contoh bagus budaya rakyat Tionghoa, yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan imigrasi China.

Halaman
123
Penulis: Ananda Bayu Sidarta
Editor: Ananda Bayu Sidarta
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved