Gaikindo Depak Mercedes dari Keanggotaan Agen Pemegang Merek

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia resmi mengeluarkan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dari keanggotaan Agen Pemegang Merek.

Gaikindo Depak Mercedes dari Keanggotaan Agen Pemegang Merek
Kompas.com/Aditya Maulana
Mercedes-AMG C63 Coupe Edition 1 Special Version di BIMS 2016. KOMPAS.COM/ADITYA MAULANA 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) resmi mengeluarkan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) dari keanggotaan Agen Pemegang Merek (APM).

Agen mobil asal Jerman ini didepak lantaran menolak memberikan data penjualannya ke Gaikindo, yang menjadi kewajiban para anggota.

Kondisi ini sudah berlangsung sejak Mei tahun lalu, Mercedes-Benz Distribution Indonesia tidak lagi melaporkan data penjualan dengan dalih hanya akan melaporkan penjualan ke pemerintah.

Jongkie D Sugiarto, Ketua I Gaikindo, menjelaskan awalnya sudah ada solusi yang disepakati, yakni Mercedes-Benz Distribution Indonesia akan menyerahkan data penjualan ke Gaikindo dan akan diunduh di situs resmi Gaikindo.

Kemudian, data penjualan akan disahkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) lewat Direktorat Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) dan diunggah di situs resmi Kemperin.

Namun, menurut Jongkie, pihak prinsipal pusat Mercedes-Benz nyatanya masih keberatan dengan solusi ini dan Mercedes minta syarat lain.

Hingga 15 Februari 2018 Mercedes-Benz Distribution Indonesia belum dapat memberikan data penjualan ke Gaikindo.

"Kami sudah memberikan tenggat waktu dari 30 Januari 2018 hingga 15 Februari 2018 untuk penyelesaian masalah ini ke prinsipal Jerman yang ternyata belum selesai. Jadi demi keadilan anggota lain kami harus mengeluarkan Mercedes-Benz dari Gaikindo," kata Jongkie kepada KONTAN, Minggu (18/2/2018).

Jongkie menambahkan, Gaikindo masih membuka pintu bagi Mercedes-Benz bila ingin masuk menjadi anggota Gaikindo lagi. Tentu saja bila Mercedes-Benz menyepakati segala persyaratan dari Gaikindo.

Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management, Mercedes-Benz Distribution Indonesia membenarkan, pihaknya sudah keluar dari Gaikindo. Namun Kariyanto belum bisa berkomentar banyak.

"Saya perlu diskusi internal dulu supaya statement yang keluar memang mewakili stand point perusahaan kami," kata Kariyanto kepada KONTAN, Minggu (18/2/2018). (Kontan/Eldo Rafael)

Editor: Y Gustaman
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved