Breaking News:

Kemendag: 50 Persen Broker Properti di Jakarta Tak Berizin

"Kalau saya katakan, di Jakarta hampir 50 persen broker tidak memiliki izin," ujar Veri Anggriono di lokasi sidak, Rabu (14/3/2018).

TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
Kementerian Perdagangan dipimpin Direktur Tertib Niaga Ditjen Perlindungan Konsumen & Tertib Niaga (PKTN) Veri Anggriono melakukan sidak ke sebuah perusahaan perantara perdagangan properti, Chika Property, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (14/3/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA GADING - Chika Property yang terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara, salah satu perusahaan perantara perdagangan properti yang disidak oleh Kemeterian Perdagangan hari ini, (14/3/2018).

Menurut Direktur Tertib Niaga Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Veri Anggriono, sebanyak 50 broker properti di Jakarta tidak memiliki izin.

"Kalau saya katakan, di Jakarta hampir 50 persen broker tidak memiliki izin," ujar Veri Anggriono di lokasi sidak, Rabu (14/3/2018).

Baca: Surat Izin Tidak Sesuai, Kemendag Sidak Chika Property Kelapa Gading

Dalam mendapatkan izin, Kememdag menyatakan bahwa dalam proses pembuatannya sudah mudah dan tidak dipungut biaya sedikitpun.

Hanya saja dalam memperoleh sertifikasi akan ada pelatihan untuk broker properti dan itu dipungut biaya.

Kementerian Perdagangan melakukan sidak ke sebuah perusahaan perantara perdagangan properti, Chika Property, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (14/3/2018)
Kementerian Perdagangan melakukan sidak ke sebuah perusahaan perantara perdagangan properti, Chika Property, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (14/3/2018) (Tribun Jakarta/Nawir Arsyad Akbar)

"Jika broker-broker tidak terdaftar, tidak memiliki izin dan dilakukan, mereka memperdagangkan kira-kira mereka bisa akan merugikan konsumen," ujar Veri Anggriono.

Kemendag melakukan sudak hari ini dilakukan serentak di beberapa wilayah di Jakarta.

Jakarta Utara menjadi yang diutamakan oleh Kemendag, karena kegiatan bisnis properti di signifikan di wilayah tersebut.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Wahyu Aji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved