Maruarar Sirait Yakini Perry Warjiyo Terpilih Jadi Gubernur BI Malam Ini

"Dari paparan dan program dia (Ferry) cukup baik ya. Saya kira beliau akan terpilih sebagai gubernur BI yang baru," ujar Ara usai fit and profer test

Editor: Wahyu Aji
Maruarar Sirait Yakini Perry Warjiyo Terpilih Jadi Gubernur BI Malam Ini
ISTIMEWA
Perry Wariyo calon tunggal Gubernur BI.

TRIBUNJAKARTA.COM, SENAYAN -- Komisi XI DPR  menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and profer test) calon tunggal gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Wariyo di kompleks parlemen Senayan Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Hasil dari fit and profer test rencananya akan diumumkan malam ini.

Anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait menyakini Perry Wariyo akan terpilih menjadi gubernur BI malam ini. Perry dinilai Ara sapaan akrab Maruarar memiliki integritas, kapabilitas dalam memimpin BI.

"Dari paparan dan program dia (Ferry) cukup baik ya. Saya kira beliau akan terpilih sebagai gubernur BI yang baru," ujar Ara usai fit and profer test di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (28/3/2018) sore.

Ara menekankan, Perry Warjiyo harus bisa membawa BI lebih kompak lagi bersama pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), DPT, dan lembaga lainnya. Sebab, banyak pelaku industri yang gundah, akibat tidak keharmonisan antara BI dan OJK.

"Industri banyak yang mengadu kegundahan kepada kami. Kalau ditanya beres-beres saja di lapangan. Jangan ada egois, lembaga negara ini dipimpin oleh orang yang harus integritas. Jadi BI dan OJK harus lebih kompak lagi," kata Ara.

Adanya saling kerjasama yang kompak, bilang Maruarar, maka BI bisa menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan membawa fiskal negaralebih baik lagi.

"Makanya dibutuhkan suatu kerjasama yang luar biasa, jangan pada saat perlu investasi, dikatakan bunganya sulit diturunkan, jadi tidak tepat waktu. Jadi pada saat pelaku mau masuk ke perbankan, bunganya tidak menarik, timing ini sering terbalik-balik," tuturnya

Ara juga menginginkan, Perry Warjiyo juga harus lebih dekat dengan ‎pelaku pasar di sektor riil, Kadin, dan Apindo.

Dengan begitu, kebijakan yang dimilikinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas. 

"Kalau kebijakan itu bisa terjalankan, di UKM, Kadin, Apindo dan sektor riil lainnya, kebijakan itu ada manfaatnya, jadi harus membaur, jangan sampai tidak membumi. Ukuran kita kan masyarakat Indonesia, jangan sampai ada penghargaan dari internasional, tapi tidak bermanfaat untuk masyarakat Indonesia," kata Ara.

Paling terpenting, sambung Ara, ketika sudah bisa menjalankan segalanya, Perry juga harus komitmen menjauhi korupsi. "Gubernur BI sudah banyak,‎ jadi harus bisa melakukan terobosan yang baik, integritas juga, lalu komitmen juga jangan melakukan korupsi," tutur Ara.

Pernyataan Ara langsung ditanggapi oleh Perry Warjiyo, dia menyatakan, dirinya akan benar-benar membawa kekompakan antara BI, OJK, dan lainnya.

Ketika berkoordinasi lebih baik, maka perjalanan BI bisa lebih mudah. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved