Breaking News:

Lindungi Wilayah Indonesia Bagian Timur, TNI AU Wacanakan Bangun Armada Tempur di Papua

Yuyu mengatakan Koops AU 3 direncanakan akan dibangun di daerah Biak, Papua karena fasilitas dan infrastruktur disana dinilai memadai.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Para prajurit TNI AU memperlihatkan kemampuan bela diri merpati putih saat perayaan HUT ke-72 TNI AU di Lanud Halim Perdakusuma, Makasar, Jakarta Timur, Senin (9/4/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Untuk menjaga wilayah Indonesia bagian timur, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) berencana membangun Komando Operasi Angkatan Udara (Koops AU) 3 di wilayah bagian timur Indonesia.

"Kami akan bentuk Koops AU 3 di wilayah timur karena wilayah tersebut cukup luas sehingga kami tambah satu Koops AU," kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna setelah acara HUT TNI AU ke-72 di Lanud Halim Perdanakusuma, Makasar, Jakarta Timur, Senin (9/4/2018).

Yuyu mengatakan Koops AU 3 direncanakan akan dibangun di daerah Biak, Papua karena fasilitas dan infrastruktur disana dinilai memadai.

Baca: KSAU Serahkan Hadiah Rumah untuk Prajurit dan PNS TNI AU Berprestasi

"Untuk sementara rencananya (Koops AU 3) di Mako Biak, karena fasilitas dan infrastruktur cukup memadai sehingga tidak harus mengeluarkan anggaran cukup banyak untuk pembentukannya," katanya.

Nantinya akan dibentuk satu skuadron tempur baru dan satu skuadron angkut di Koops AU 3 ini.

"Rencananya akan ada pembentukan tim baru, satu skuadron tempur dan satu skuadron angkut sesuai dengan rencana strategis yang telah direncanakan semula," katanya.

Saat ini rencana pembangunan Koops AU tersebut sudah diusulkan ke Panglima TNI dan hanya tinggal menunggu perintah dan keputusan dari atasan.

"Sudah diusulkan ke Panglima TNI, sudah diproses dan tinggal menunggu perintah serta keputusan dari atasan," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hari ini TNI AU genap berusia 72 tahun, beragam acara dan pertunjukan dari para prajurit diperlihatkan di Lanud Halim Perdanakusuma, Makasar, Jakarta Timur.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved