Breaking News:

12 Perempuan Desa Geneng Ini Produksi Tempe Kelas Premium

Sekarang ada sekitar 12 orang perempuan yang menjadi perajin tempe tetap dan 20 orang perajin tempe musiman.

Editor: Erik Sinaga
perajin tempe di kantor Desa Geneng, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. 

TRIBUNJAKARTA.COM, KLATEN- Sekelompok ibu-ibu tampak sibuk mengolah kedelai di sebuah pendopo kantor Desa Geneng, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Namun, jangan bayangkan pendopo terbuka dengan empat pilar penyangga atap, pendopo tersebut telah direnovasi menjadi ruang usaha.

Ya, pendopo ini telah disulap menjadi pusat produksi tempe. Ada 12 perempuan yang menjadi perajin tempe di sini. Mereka memproduksi tempe dengan merek Echo Sari.

Baca: Drama 5 Gol: 2 Gol Bunuh Diri dan 1 Kartu Merah, Inter Milan Kalah di Kandang Lawan Juventus

Pusat produksi ini baru dibuka bulan April tahun 2017 lalu. Usaha pembuatan tempe ini merupakan aksi corporate social responsibility (CSR) PT Sarihusada Generasi Mahardhika.

Ada tiga ruangan yang dipakai untuk tempat produksi. Saat KONTAN berkunjung ke lokasi beberapa waktu lalu, ruangan tersebut dibagi menjadi ruang produksi basah alias ruang pemasakan kedelai, ruang peragian, dan ruang pengemasan.

Baca: Polisi Masih Periksa Pemuda yang Berprofesi Sebagai Ojek Online Ini Terkait Penculikan Bayi di Depok

Meski nampak sederhana, aliran pembuangan limbah atau air kotor cukup memadai. Perajinnya pun menggunakan sepatu khusus serta masker dan apron dalam proses produksi.

Suhu udara diruang peragian dijaga tetap dalam kondisi hangat untuk memastikan ragi dalam tempe bisa berfermentasi dengan sempurna. Dapat dikatakan, tempat dan proses pembuatannya cukup higienis.

Berbeda dengan lokasi sentra produksi tempe lainnya, para perajin di sana adalah perempuan yang sebelumnya merupakan ibu rumah tangga.

Baca: Pro Kontra Pesta Rakyat Untukmu Indonesia; Dituding Penipuan Hingga Dugaan Misi Keagamaan

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved