Ternyata Ini yang Dilakukan Gus Dur Saat Anaknya Ulang Tahun

Menurutnya, anak yang berulang tahun akan diberikan kebebasan memilih banyaknya jumlah buku.

Ternyata Ini yang Dilakukan Gus Dur Saat Anaknya Ulang Tahun
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Putri bungsu mendiang mantan Presiden Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid atau Gusdur, Inayah Wahid (tengah) di acara Seminar bertajuk 'Habis Gelap Terbitlah Terang, Melalui Literasi Mencerdaskan Mahasiswa Buddhis', di Kompleks Edu Town BSD City Serpong Tangerang, Pagedangan, Pagedangan, Tangerang, pada Minggu (29/4/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG- Putri bungsu mantan Presiden Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid, Inayah Wahid, mengungkapkan yang dilakukan ayahnya ketika anaknya berulang tahun.

Inayah mengatakan saat anaknya tengah berulang tahun, dan di saat yang sama Gus Dur, panggilan akrab Abdurrahman Wahid, meluangkan waktu bersama, dengan mengajak anak-anaknya ke toko buku.

Menurutnya, anak yang berulang tahun akan diberikan kebebasan memilih banyaknya jumlah buku.

Sementara, yang tidak berulangbtahun hanya dapat memilih satu judul buku saja.

Baca: Usai Lulus Siswa SMP Ini Ingin Mondok di Pondok Pesantren Gusdur, Begini Alasannya

"Biasanya kalau lagi ulang tahun banyak acara-acara istimewa, jika ayah saya saat itu memiliki, membagi waktu bersama kami itu biasanya dihabiskan di toko buku. Kalau hari itu ada yg ulang tahun, dia bebas memilih buku berapa saja," kenang Inayah.

"Berapapun jumlahnya, anak-anak yang lain hanya dapat satu, tapi kalau yang ulang tahun bisa dapat tiga atau empat," katanya.

Hal tersebut disampaikan Inayah di acara Seminar bertajuk 'Habis Gelap Terbitlah Terang, Melalui Literasi Mencerdaskan Mahasiswa Buddhis', di Kompleks Edu Town BSD City Serpong Tangerang, Pagedangan, Tangerang, pada Minggu (29/4/2018).

Inayah menyebutkan hal itu merupakan pengajaran dari Gus Dur untuk membiasakan anaknya membaca dan menyukai membaca.

Ia juga terkenang akan hadiah yang diberikan ayahnya itu ketika lulus TK, bukannya sebuah sepeda atau mainan, Inayah malah dibelikan novel Si Doel.

"Sejak kecil saya sudah ditanamkan dengan itu. Saya ingat banget lulus TK, bukannya dibeliin sepeda atau yang lain, tapi buku Si Doel Anak Jakarta. Jadi sejak kecil sudah ditanamkan. Jadi kalau anda nanya bagaimana caranya menanamkan kepada anak kecil (rajin membaca buku), ajak dia mencintai buku dulu," katanya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved