Gelar Pelatihan Membuat Hantaran Pengantin, Pemkot Tangsel Berharap Jadi Tambahan Pendapatan Warga

Pelatihan membuat hantaran oengantin tersebut terbagi dalam empat kelas yang diwakili oleh 20 peserta dari setiap Kelurahan di Kecamatan Pamulang.

Gelar Pelatihan Membuat Hantaran Pengantin, Pemkot Tangsel Berharap Jadi Tambahan Pendapatan Warga
ISTIMEWA
Sebanyak 160 warga Pamulang, Tangerang Selatan, mengikuti pelatihan membuatan hantaran pengantin di aula pemerintah kota Tangerang Selatan (Tangsel), pada Senin, (7/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Sebanyak 160 warga Pamulang, Tangerang Selatan, mengikuti pelatihan membuatan hantaran pengantin di aula pemerintah kota Tangerang Selatan (Tangsel), pada Senin, (7/5/2018).

Hantaran pengantin biasanya berbentuk parsel berisi buah-buahan ataupun peralatan rumah tangga yang dihias.

Kegiatan tersebut difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) pemerintah kota Tangsel.

Pelatihan membuat hantaran oengantin tersebut terbagi dalam empat kelas yang diwakili oleh 20 peserta dari masing-masing Kelurahan di Kecamatan Pamulang.

Kepala seksi Penguatan Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat DPMP3AKB Tangsel Susilawati, mengatakan pelatihan itu diharapkan dapat memberikan keahlian yang bisa dijadikan usaha untuk menghasilkan menambah pendapatan.

"Dengan mengikuti pelatihan ini paling tidak mereka punya ilmu untuk meningkatkan status sosial ekonomi. Dengan keahlian yang dimiliki, mereka bisa menghasilkan uang," ujarnya.

Susilawati juga berharap selain menghasilkan uang, keahlian yang didapat dari pelatihan dapat membantu warga dalam membuat hantaran pengantin bagi sanak familinya sendiri.

"Para peserta yang bisa menerapkan pelatihan ini nantinya bisa membantu lingkungannya atau keluarganya dalam membuat hantaran," lanjjt ujarnya.

Salah satu peserta dari Kelurahan Benda Baru, Sutarni, mengaku baru pertama kali mengikuti pelatihan semacam itu, dan merasakan manfaatnya.

"Ini pertama kalinya saya mengikuti pelatihan hantaran pengantin. Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena dilain waktu kalau sudah bisa dapat membantu orang. Mudah-mudahan ilmunya nanti bisa menularkan ke yang lain," ujar Sutarni.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved