Anies Baswedan Bakal Koreksi Soal Potongan PBB 50 Persen untuk Pengelola Lapangan Golf

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyoal Pergub 141 Tahun 2014 tentang pemberian potongan harga 50 persen atas pembayaran PBB bagi lapangan golf.

Anies Baswedan Bakal Koreksi Soal Potongan PBB 50 Persen untuk Pengelola Lapangan Golf
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri pembagian secara simbolis Kartu Lansia Jakarta di Kelurahan Bukit Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa, (8/5/2018) pagi. TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JOHAR BARU - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Pergub 141 Tahun 2014 tentang pemberian potongan harga 50 persen atas pembayaran PBB bagi lapangan golf tak adil.

Menurut Anies, lapangan golf yang dianggap sebagai ruang terbuka hijau yang menjadi tempat penyerapan air, justru faktanya banyak mengambil air tanah untuk perawatannya.

"Padahal lapangan golf itu justru membutuhkan air banyak sekali karena untuk menyirami rumputnya, mengelola rumputnya. Itu beda dengan RTH biasa yang tidak perlu disirami terus-menerus," ujar Anies di RPTRA Bukit Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa, (8/5/2018) pagi.

Menurut Anies, pemberian diskon sebesar 50 persen untuk pembayaran PBB ini sama sekali tak nyambung dengan keinginan untuk memberi ruang peresapan air.

Selain itu, potongan harga tersebut nampaknya hanya menguntungkan sepihak saja, yakni pengusaha pemilik lapangan golf.

Salah satu contohnya, dijelaskan oleh Anies, para pemain golf bahkan tak dapat pengurangan harga sewa saat bermain golf meski pemilik tak bayar PBB secara penuh.

"Yang merasakan manfaatnya hanya pemiliknya saja. Boleh dicek pemain golf selama empat tahun terakhir ini apakah mereka turun biaya sewa. Sama saja, tetap saja," sambung Anies.

"Saya ingin garis bawahi nanti kalau sudah dikoreksi (Pergubnya) jangan dijadikan alasan juga untuk menaikkan biaya golf. Karena memang selama ini tidak pernah turun. Jadi enggak perlu dinaikkan lagi," ungkap dia.

Anies bakal mengoreksi pergub tersebut demi menghadirkan Jakarta yang berkeadilan.

Selain itu, Anies mengatakan bahwa potongan pembayaran PBB tersebut akan diberikan kepada keluarga pahlawan para perintis kemerdekaan Indonesia.

"Pemberian diskon atas PBB justru nanti kita akan berikan kepada para veteran dan keluarganya, anak cucu para pendiri kemerdekaan, perintis kemerdekaan, pahlawan-pahlawan kita," tutur dia.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved