Breaking News:

Imigrasi Temukan Puluhan Buruh Asing Kasar di Pabrik Peleburan Baja di Tangerang

Petugas Imigrasi Klas 1 Tangerang menginspeksi secara mendadak ke pabrik peleburan baja PT. SMS Steel.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Y Gustaman
Dok Imigrasi Klas I Tangerang
Petugas Imigrasi Klas 1 Tangerang memeriksa dokumen tenaga kerja asing asal Tiongkok yang bekerja di pabrik peleburan bajar PT. SMS Steel di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Selasa (8/5/2018). DOK IMIGRASI KLAS I TANGERANG 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TIGARAKSA - Petugas Imigrasi Klas 1 Tangerang menginspeksi secara mendadak ke pabrik peleburan baja PT. SMS Steel.

Hasil sidak tersebut petugas Imigrasi menemukan 42 tenaga kerja asing asal Tiongkok baik bekerja sebagai buruh kasar dan tenaga ahli di pabrik yang berada di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang itu. 

"Kita temukan para TKA ini yang bekerja baik di bidang tenaga ahli atau kasar," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Klas 1 Tangerang, Herman Lukman di Tangerang, Selasa (8/5/2018).

Menurut Herman petugas sementara masih memeriksa tenaga kerja asing yang masuk kategori ahli.

"Sebetulnya dalam pemeriksaan kita, pekerjaan yang mereka lakukan bisa dikerjakan oleh tenaga dari Indonesia dan ada juga yang kasar di bagian peleburan," Herman menambahkan. 

Dari 42 tenaga kerja asing tersebut tujuh di antaranya tidak memiliki dokumen lengkap seperti paspor.

Pihak imigrasi mengamankan ketujuh warga negara asing tersebut dan mereka tidak bisa berbahasa Indonesia atau Inggris.

Saat sidak, sempat terjadi protes dari pihak perusahaan dan mereka melaran petugas Imigrasi untuk memeriksa areal pabrik.

"Tadi ada sempat kesulitan untuk masuk ke dalam, namun akhirnya bisa. Meski para TKA-nya juga banyak yang bersembunyi terutama di bagian peleburan dan juga WNA yang tidak memiliki dokumen lengkap," jelas Herman.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved