Bulan Ramadan, Ini Tiga Kategori yang Paling Banyak Dicari di Toko Online: Ada Makanan dan Minuman

Melissa juga membocorkan waktu paling banyak digunakan masyarakat untuk berbelanja saat bulan Ramadan adalah ketika waktu berbuka, sekira pukul 18.00

Bulan Ramadan, Ini Tiga Kategori yang Paling Banyak Dicari di Toko Online: Ada Makanan dan Minuman
TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir
Chief Operating Officer Tokopedia, Melissa Siska Juminto, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Serpong, Tangerang Selatan, pada Kamis (24/5/2018) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Momen bulan Ramadan tak menyurutkan animo masyarakat untuk berbelanja secara daring atau yang akrab disebut online shop.

Walau ramai dikunjungi, ternyata setiap toko online memiliki hasil penjualan yang berbeda. Salah satu online shop besar di Indonesia, Tokopedia menyebutkan tiga kategori produk, yakni fashion muslim, peralatan rumah tangga dan makanan minuman, yang paling banyak dibeli saat bulan Ramadan.

Baca: Ternyata Ini Alasan Perancang Busana Merobek Sketsa Gaun Pengantin Lady Diana

"Emang rata-rata di masa Ramadan ini pembelanjaan atas, kaya fashion muslim, dan juga alat-alat rumah trangga dan juga makanan minuman itu peningkatannya tinggi sekali dibanding bulan-bulan biasany," ujar Chief Operating Officer Tokopedia, Melissa Siska Juminto, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Serpong, Tangerang Selatan, pada Kamis (24/5/2018).

Melissa membedakan pembelian terbanyak pada momen lain, tidak sama seperti bulan Ramadan. Ia menyebut alat elektronik seperti ponsel dan laptop ramai dibeli saat momen hari belanja online nasional (Harbolnas).

Baca: Polisi Bersenjata Langsung Kelilingi Aman Abdurrahman Ketika Suara Ledakan Keras Terdengar

"Elektronik dan lain-lain memang cukup besar di Tokopedia. Tapi penumbuhan kategorinya yang luar biasa tinggi banget (saat bulan Ramadan) dari segi transaksi dan juga order itu dari tiga kategori yang saya mention sebelumnya," ujarnya.

Melissa juga membocorkan waktu paling banyak digunakan masyarakat untuk berbelanja saat bulan Ramadan adalah ketika waktu berbuka, sekira pukul 18.00 WIB.

Hal tersebut ia duga karena kebiasaan pembeli yang memilih dan riset saat pagi dan baru memutuskan membeli saat sore menjelang malamnya.

"Biasanya sebenarnya pas buka, itu lebih ramai. Mungkin dari pagi dia sudah browsing-browsing, akhirnya benar-benar decide (memutuskan) nih saya mau belanja itu pas mereka berbuka," ujarnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved