Ramadan 2018

Tips Menghafal Alquran dari Mahasiswa Hafiz Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang mampu menghapal Alquran mendapat keistimewa, berupa gratis biaya semester.

Tips Menghafal Alquran dari Mahasiswa Hafiz Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Surya/Ahmad Zaimul Haq
PERBANYAK IBADAH - Jemaah membaca Alquran saat iktikaf di dalam masjid pada malam ganjil hari ke-21 Ramadan di Masjid Al Akbar Surabaya, Jumat (16/6) dini hari. Pada malam ke-21 Bulan Ramadan 1438 Hijriyah, Masjid Al Akbar Surabaya dikunjungi ribuan umat muslim untuk memperbanyak ibadah dan berharap mendapatkan malam Lailatulkadar yang diyakini sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang mampu menghapal Alquran mendapat keistimewa, berupa gratis biaya semester.

Mereka bahkan mendapatkan uang saku dari kampus untuk menunjang pendidikannya.

Jebul Suroso, Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerja sama, dan Al Islam Kemuhammadiyahan UMP, mengatakan beasiswa hafiz merupakan satu di antara delapan program beasiswa yang dimiliki UMP.

Selain beasiswa PPA DIKTI KOPERTISVI, beasiswa BIDIKMISI DIKTI, beasiswa PPA & BBM UMP, beasiswa berprestasi, beasiswa Kader Muhammadiyah, beasiswa fakir miskin dan beasiswa yatim.

"Beasiswa bagi hafiz (penghafal) Alquran ini diberikan`full`untuk pembiayaan termasuk uang saku selama proses studi di UMP dengan catatan mereka (mahasiswa) itu hafal Alwuran 30 juz," terang Jebul Suroso.

Standar penguatan ilmu keagamaan merupakan ciri khas universitas tersebut. Para mahasiswa selain digembleng pendidikan akademik, juga dibina agar menjadi seorang dai, hafiz atau hafizah.

Seleksi calon penerima beasiswa hafiz Alquran itu diselenggarakan pada awal masuk kuliah, melalui tes oleh tim khusus dari Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Islam.

Setelah diterima, kata dia, setiap periode atau semester dilakukan pemonitoran dan evaluasi terhadap mahasiswa penerima beasiswa hafiz Alquran tersebut.

"Pengalaman selama ini, dengan mereka  aktif di masjid kami, melakukan kajian, mereka itu tetap mendapatkan beasiswa tersebut," kata dia.

Halaman
123
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved