Ramadan 2018

Arsitektur Masjid Al Mansur, Perpaduan Budaya Jawa, Tionghoa dan Arab

Arsitektur Masjid Jami Al Mansur di Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Pusat, merupakan akulturasi kebudayaan Jawa, Tionghoa dan Arab.

Arsitektur Masjid Al Mansur, Perpaduan Budaya Jawa, Tionghoa dan Arab
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Masjid Al Mansur di Kampung Sawah, Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat. Foto diambil pada Kamis (7/6/2018). TRIBUNJAKARTAA.COM/EGA HIKARI PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMBORA - Arsitektur Masjid Jami Al Mansur di Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Pusat, merupakan akulturasi kebudayaan Jawa, Tionghoa dan Arab. 

Pantauan wartawan TribunJakarta.com pada Kamis (7/6/2018), di ruang utama masjid terdapat empat pilar utama berwarna hijau berdiameter 1,5 meter.

Masjid yang dibangun pada tahun 1717 itu dominan berkelir hijau. 

"Empat tiang itu menjadi penyangga utama seperti ciri khas masjid-masjid tua pada umumnya," ujar Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid Al Mansur,‎ Solihin saat berbincang dengan TribunJakarta.com di Masjid Al Mansur.

Penampakan pintu Masjid Al Mansur di Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat, Kamis (7/6/2018). TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Penampakan pintu Masjid Al Mansur di Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat, Kamis (7/6/2018). TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA (TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra)

Keempat tiang penyangga yang terlihat kekar itu saling menopang.

‎Bagian bawah tiang-tiang ini bersegi delapan dan diatasnya terdapat pelipit penyangga, pelipit genta serta rata. 

Batang utama di bagian tengah berbentuk bulat dan dihiasi pelipit juga. Bagian teratas berbentuk persegi empat dan dibatasi pelipit.

Sedangkan pada ketinggian setengah di antara keempat sokoguru terdapat balok-balok kayu antara lain untuk menopang kedua tangga yang menuju ke loteng. 

"Zaman dulu loteng itu digunakan untuk para muazin mengumandangkan azan agar terdengar sampai jauh," ujar Solihin.

Loteng Masjid Al Mansur dari sejumlah kayu. Masjid di Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat, ini merupakan masjid tua yang berdiri pada abad ke-18. Foto diambil pada Kamis (7/6/2018). TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Loteng Masjid Al Mansur dari sejumlah kayu. Masjid di Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat, ini merupakan masjid tua yang berdiri pada abad ke-18. Foto diambil pada Kamis (7/6/2018). TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA (TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra)
Halaman
12
Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved