Breaking News:

Info Mudik 2018

Minim Penerangan, Pemudik Harus Waspada saat Melintasi Jalur Tengah Jawa di Malam Hari

Kurangnya penerangan di jalur ini, mengharuskan pengendara meningkatkan kewaspadaannya

Tribunnews.com
Pemudik yang akan melalui jalur tengah Jawa, diharapkan tetap berhati-hati saat berkendara 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pemudik yang akan melalui jalur tengah Jawa, diharapkan tetap berhati-hati saat berkendara. Terutama di malam hari. Kurangnya penerangan di jalur ini, mengharuskan pengendara meningkatkan kewaspadaannya.

Tribun yang sempat melalui jalur tengah dari Trenggalek, Jawa Timur menuju Purwokerto, Jawa Tengah, merasakan hal tersebut.

Minimnya penerangan sudah mulai terlihat di Trenggalek menuju Wonogiri. Beberapa kali tim bahkan hanya diterangi lampu dari rumah warga yang berada di sepanjang jalur. Begitu juga ketika tim memasuki daerah Wonogiri menuju Sukoharjo hingga Surakarta, Jawa Tengah.

Baca: Waspada 19 Titik Rawan Sekitar Yogyakarta

Meski kondisi jalan sudah rata dengan aspal, namun, ruas jalan yang sempit dan jalanan yang berliku, pengendara tidak disarankan untuk menginjak gas terlalu dalam. Jalur yang juga harus diwaspadai, yakni jalur tengah dari Yogyakarta menuju Purwokerto melalui Magelang-Wonosobo. Beberapa titik rawan kemacetan, yakni di sekitar jalan Suwandi, ruas Tugu Jam sebelum Pasar Kliwon dan ruas Watileton Utara.

"Tahun lalu, di sini juga macetnya. Lumayan panjang," ucap seorang warga di Pasar Kliwon, Temanggung kepada tim.

Dijelaskan olehnya, terdapat jalur alternatif tanpa harus melalui jalur itu. Namun, kondisi jalan masih belum diaspal dan memutar cukup jauh. Memasuki Wonosobo, tim mendapati penerangan jalan yang begitu minim ketika mulai memasuki perbatasan. Terlebih, ketika harus melewati jalur menuju Kota Wonosobo. Penerangan jalur hanya dibantu dengan lampu dari warung dan rumah makan yang ada di sepanjang jalan. Kendati demikian, petunjuk jalan dan rambu lalu lintas dirasa cukup, terutama di jalur utama.

Pemudik yang akan melintasi jalur Wonosobo menuju Purwokerto melalui Purbalingga, juga diharpa sudah hapal dengan medan yang akan dilalui. Pasalnya, cukup banyak jalur alternatif yang dapat dilalui. Baik yang keluar di lokawisata Baturaden, atau melalui Kota Purwokerto menuju Universitas Jenderal Soedirman. Pemudik yang akan melalui jalur tengah, diharapkan sudah mengecek kendaraan terlebih dahulu dan mengisi bahan bakar.

Borobudur Jalur Alternatif

Jalan jalur mudik di Kabupaten Magelang dipastikan sudah siap untuk menerima pemudik pada arus mudik lebaran tahun 2018 ini, baik jalur utama maupun jalur alternatif.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Joko Cahyono, mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan jalur mudik di Kabupaten Magelang, sehingga siap untuk menerima pemudik pada arus mudik lebaran tahun 2018 ini.

Halaman
12
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved