Info Mudik 2018

Wali Kota Jaktim Siapkan Lahan Pedagang Musiman di Jatinegara Saat Malam Takbiran

Bahkan, biasanya para pedagang tersebut menggelar barang dagangan mereka di badan jalan hingga menutup Jalan Bekasi Barat.

Wali Kota Jaktim Siapkan Lahan Pedagang Musiman di Jatinegara Saat Malam Takbiran
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Jalan Bekasi 1 nantinya akan ditutup sementara untuk para pedagang musiman yang biasa membanjiri Jalan Raya Bekasi Barat saat malam takbiran, Selasa (12/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana akan menyiapkan lahan bagi para pedagang musiman yang biasa berjualan di kawasan Jatinegara saat malam takbir.

"Kami akan alihkan pedagang, sebagian pedagang ke Jalan Bekasi 1 (sebelah sentra batu akik Rawa Bening)," ucapnya kepada TribunJakarta.com, Selasa (12/6/2018).

Baca: Berlatih Terbang, Atlet Paralayang Tewas Terjatuh dari Ketinggian 150 Meter

Bambang menerangkan, setiap tahunnya saat malam takbiran, kawasan Jatinegara selalu dibanjiri pedagang musiman yang berjualan di sepanjang Jalan Raya Bekasi Barat.

Bahkan, biasanya para pedagang tersebut menggelar barang dagangan mereka di badan jalan hingga menutup Jalan Bekasi Barat.

"Selama ini kalau sudah jam 20.00 WIB, (jalan) ditutup sama pedagang, sekarang kalau dialihkan kami berharap layanan transjakarta tetap jalan dan lalu lintas juga," ujarnya di halaman Kantor Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Dengan pola penertiban seperti ini, Bambang optimis pendapatan para pedagang musiman tersebut juga akan meningkat.

"Jadi ini win win solution, dengan jalur yang ada saya yakin dagangan mereka akan laku, dari pada tidak ada jalur untuk masuk, kan jadi susah," kata dia.

Ditemui di tempat terpisah, Kasatpol PP Jatinegara Sadikin mengatakan, akan memindahkan para pedagang yang biasa berjualan di Jalan Raya Bekasi Barat menuju Jalan Bekasi 1 saat malam takbir.

Baca: Kondisi 7 Anak Pelaku Bom Surabaya Saat Ditemui Risma: Suka Mendebat Hingga Ceria Meski Tangan Patah

"Jadi untuk malam takbir, nanti kami arahkan pedagang kesini (Jalan Bekasi 1) semua, nanti jalan ini ditutup, semua pedagang kesini," kata Sadikin.

Sadikin menagtakan pihaknya akan terus mempertahankan Jalan Raya Bekasi Barat dari serbuan para pedagang musiman agar tetap dapat dilalui oleh para pengendara.

"Kalau sudah jam 21.00 WIB ke atas, kami hanya pertahankan jalur busway, tapi kalau sudah membludak mau enggak mau yaa jalur busway sama umum (dikuasi pedagang), tapi itu kami lakukan hanya diatas jam 22.00 atau 23.00 WIB," ujarnya.

Sadikin menegaskan, pengaturan ini bersifat situasional, hanya dilakukan saat malam takbir saja.

"Tapi ini dilakukan pas malam takbir saja ya, mulai pukul 16.00 WIB nanti kami imbau pedagang masuk di sini (Jalan Bekasi 1)," ucapnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved